bar-merah

Wujudkan Pemilu bersih, Marwan Makalalag: publikasi dan dokumentasi bagian penting

Kadis Kominfo Bolsel, Marwan Makalalag saat membawakan materi, bersama Pimpinan Bawaslu Ruslan Pulumuduyo (kiri).

BOLSEL, ZONAUTARA.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), Marwan Makalalag menjadi pemateri pada kegiatan “Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu pada Pemilihan Umum Tahun 2024″ yang diselenggarakan oleh Bawaslu Bolsel, di Queen Resto Desa Sondana, Kecamatan Bolaang Uki, Rabu, 8 Mei 2024.

Giat tersebut menurut Kadis Marwan adalah sebagai bentuk transparansi, akuntabilitas dan upaya pembentukan kepercayaan publik terhadap kinerja Bawaslu dalam proses penetapan hasil pemilu.

“Publikasi dan dokumentasi sangatlah penting bagi masyarakat umum,” ujar Kadis Marwan.

Karena, kata dia tanpa adanya kegiatan publikasi dan dokumentasi pengawasan penetapan hasil pemilu, maka kegiatan yang dilaksanakan tidak akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan peserta pemilu.

Kadis Kominfo Bolsel, Marwan Makalalag saat membawakan materi, bersama Pimpinan Bawaslu Ruslan Pulumuduyo (kiri).

“Dokumentasi pengawasan dan penetapan hasil pemilu menjadi bagian penting yang memiliki dasar hukum,” paparnya.

Sinergitas dengan wartawan maupun media sangat penting dalam proses pengawasan proses politik.

“Merangkul pekerja media dalam publikasi ikut membawa proses pengawasan menjadi lebih baik dan efektif.”

“Strategi seperti ini tidak semua dilakukan di Indonesia, tapi di Sulawesi Utara telah menjadi pilihan dalam mendukung proses publikasi dan pengawasan,” tambahnya.

Ditambahkannya, publikasi dan dokumentasi pengawasan Pemilu sangat penting dan strategis baik oleh media massa maupun elemen masyarakat dalam menegakkan demokrasi yang sesuai harapan.

Lanjutnya, acara tersebut menyajikan pemaparan dari beberapa narasumber baik yang hadir secara langsung maupun daring serta diikuti oleh KPU Bolsel, para jurnalis Pos Pemkab Bolsel dan pihak-pihak terkait lainnya.

Dia berharap setelah kegiatan semua pihak dapat terus berkolaborasi untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem pemilihan umum ke depannya.

“Semoga Bawaslu Bolsel serta pihak-pihak terkait lainnya terus berkolaborasi menjalankan tugasnya secara independen dan profesional demi mewujudkan pemilu yang bersih, jujur, demokratis dan lebih baik ke depannya,” harap mantan Camat Bolaang Uki itu.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com