bar-merah

Sedikitnya 153 Orang Tewas Akibat Banjir di Afghanistan

Kementerian Dalam Negeri Taliban melaporkan bahwa jumlah korban tewas akibat banjir bandang di Afghanistan utara meningkat menjadi 153 orang di tiga provinsi pada Sabtu (11/5). Namun, Program Pangan Dunia atau WFP mencatat jumlah korban dua kali lipat dari laporan resmi itu.

WFP, yang beroperasi di seluruh Afghanistan, menyatakan pada X bahwa lebih dari 300 orang tewas akibat banjir. Namun, pihaknya tidak memberikan sumber resmi untuk angka tersebut.

Ketika ditanya tentang jumlah kematian yang dilaporkan oleh WFP, juru bicara kementerian menyatakan bahwa angka resmi masih tercatat sebanyak 153 orang. Namun, pihak berwenang mengatakan bahwa jumlah korban jiwa kemungkinan akan bertambah.

Sedikitnya 153 Orang Tewas Akibat Banjir di Afghanistan

Seorang pria Afghanistan membawa barang-barangnya saat dia berjalan melalui jalan yang tertutup lumpur menyusul banjir bandang setelah hujan lebat di desa Laqiha di distrik Baghlan-i-Markazi di Provinsi Baghlan pada 11 Mei 2024. (Foto: AFP)

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Taliban Abdul Mateen Qaniee menyatakan bahwa sedikitnya 138 orang juga cedera akibat banjir di Baghlan utara, Takhar, dan Badakhshan, yang dipicu oleh hujan lebat pada Jumat itu.

Di Desa Karkar di Provinsi Baghlan, para warga memakamkan korban yang tewas akibat bencana tersebut.

“Saya kehilangan lima anggota keluarga saya – dua putra, dua putri, dan ibu mereka akibat banjir bandang yang menghancurkan ini,” kata Gulbudeen.

“Kami berdiri di seberang banjir, tetapi kami tidak dapat membantu mereka, dan akhirnya banjir tersebut merenggut nyawa orang-orang yang kami cintai,” ungkapnya.

Pihak berwenang Taliban mengirim helikopter untuk mencoba membantu warga sipil setelah menerima laporan bahwa lebih dari 100 orang terjebak.

Banyak orang kehilangan tempat tinggal dan sistem transportasi, air, dan limbah “mengalami gangguan yang signifikan,” kata Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

“Dampaknya sangat besar, menyebabkan korban jiwa dan luka-luka, sementara banyak orang masih belum ditemukan,” kata kantor WHO di Afghanistan dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam. [ah]

Selengkapnya baca di VOA



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com