bar-merah

Evaluasi program kesehatan 2024, Bupati Iskandar dorong Puskesmas manfaatkan ambulans dan rujuk pasien ke RSUD Bolsel

BOLSEL, ZONAUTARA.com—Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi program kesehatan tingkat kabupaten Tahun 2024.

Acara ini menghadirkan para stakeholder bidang kesehatan se-Kabupaten Bolsel seperti para kepala Puskesmas dan pengelola program promosi kesehatan serta para perangkat daerah terkait lainnya.

Giat yang dirangkaikan dengan rapat koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu ini dibuka langsung oleh Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi di Hotel Quality Manado, Selasa, 14 Mei 2024.

Mengawali acara, Kadis Kesehatan Bolsel, Saipul Boututihe SKM dalam laporannya menguraikan bahwa semua Puskesmas di Kabupaten Bolsel sudah terakreditasi dan dua Puskesmas yaitu di Duminanga Kecamatan Helumo dan Dumagin Kecamatan Pinolosian Timur akan menjadi puskesmas rawat inap.

“Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan maka Dinas Kesehatan Bolsel akan mempersiapkan pengadaan sepeda motor sebanyak 4 unit dan mobil ambulans 3 unit,” sebut pria humoris ini.

Sementara itu, Bupati Iskandar dalam arahannya mengatakan bahwa usia harapan hidup dan stunting mempengaruhi nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) daerah. Untuk menunjang ini, pelayanan posyandu diminta dapat ditingkatkan dan tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Disampaikan pula bahwa klaim BPJS agar didayagunakan secara lebih baik lagi khususnya klaim penggunaan mobil ambulans karena tercatat hanya beberapa puskesmas saja yang melakukan klaim BPJS.

“Fasilitas di RSUD kita sudah sangat baik. Karena itu, mari manfaatkan hal tersebut.”

“Ketika ada yang sakit, mari kita arahkan rujukan ke RSUD Bolsel dulu khususnya rujukan mata karena fasilitas yang kita miliki tidak kalah dengan RSUD rujukan yang ada di luar daerah” jelas pemimpin pilihan rakyat ini.

Dirinya juga berpesan bahwa pelayanan di bidang kesehatan di seluruh pelosok Bolsel harus lebih ditingkatkan lagi dan ini harus menjadi perhatian kita semua serta tentu dilaksanakan sesuai regulasi yang ada.

“Tolong beri penjelasan kepada pasien ataupun keluarga pasien agar tidak terjadi miskomunikasi dalam melayani dan juga untuk semuanya harap konsisten di tempat tugas masing-masing serta meredam ego agar setiap tugas dan program bisa dilaksanakan dengan baik,” pinta dia.

Lanjut, orang nomor satu Bolsel menginformasikan bahwa dalam waktu dekat akan ada pendirian Labkesmas yang akan dibangun di kompleks perkantoran. Sarana ini akan diperlengkapi dengan beberapa tenaga analis kesehatan beserta fasilitas penunjang lainnya langsung dari pusat.

“Sebagai abdi negara, kita semua ini sudah diberikan amanah sebagai pelayan untuk melayani masyarakat. Maka dari itu, mari kita sama-sama berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Bolsel,” ajaknya menutup arahan. (Advertorial)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com