bar-merah

Sirus Culture and Eksplore: Potensi wisata pasca erupsi Gunungapi Ruang

Sirus Culture and Eksplore menjadi jalan untuk pengembanganpotensi wisata usai erupsi Gunungapi Ruang di Tagulandang, (Foto: Sirus Culture and Eksplore).
Sirus Culture and Eksplore menjadi jalan untuk pengembanganpotensi wisata usai erupsi Gunungapi Ruang di Tagulandang, (Foto: Sirus Culture and Eksplore).

SITARO, ZONAUTARA.com – Menikmati keindahan pesona bahari di kepulauan membawa sensasi tersendiri. Adalah Sirus Culture and Eksplore, sebuah cottage yang dikenal sebagai surga hunian bagi para penggemar diving, kini bangkit dengan tawaran keindahan baru setelah melewati fase erupsi Gunungapi Ruang yang mendebarkan.

Tidak jauh dari lokasi erupsi, Sirus Culture and Eksplore yang terletak di Desa Kisihang, Tagulandang Selatan, kini mulai memperlihatkan potensi wisata yang semakin membaik. Potensi yang mendorong Kabupaten Kepulauan, Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Provinsi Sulawesi Utara, kian dikenal karena keeksotisannya di mata dunia.

Suasana malam di Sirus Culture and Eksplore, (Foto: FB Sirus Culture and Eksplore).

“Awalnya, Sirus Culture and Eksplore hanya diakses oleh pemiliknya dan sedikit tamu, namun seiring dengan erupsi Gunungapi Ruang, Sirus kini memikat perhatian banyak orang, terutama para petualang yang mencari pengalaman baru. Pasca-erupsi, keunikan alamnya semakin menonjol, menarik minat lebih banyak orang untuk mengunjungi tempat ini,” kata Dedi Alfian, saat dikunjungi ZONAUTARA.com pada medio Mei 2024.

Sirus Culture and Eksplore memiliki banyak para-para  dan hammock yang bisa digunakan jika ingin menikmati suasana alam yang lebih terbuka, (Foto: ZONAUTARA.com/ Yegar Sahaduta).

Seiring berjalannya waktu, popularitas Sirus meningkat. Meskipun pada awalnya hanya ada dua turis sebelum gunung meletus, anehnya, jumlah pengunjung justru bertambah saat erupsi terjadi.

Sirus Culture and Eksplore menjadi jalan untuk pengembanganpotensi wisata usai erupsi Gunungapi Ruang di Tagulandang, (Foto: Sirus Culture and Eksplore).
Sirus Culture and Eksplore menjadi jalan untuk pengembanganpotensi wisata usai erupsi Gunungapi Ruang di Tagulandang, (Foto: Sirus Culture and Eksplore).

Berkat keindahan alamnya yang mulai diketahui orang, Sirus semakin ramai dikunjungi. Hal ini memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Dengan tarif Rp350 ribu per malam sudah termasuk sarapan, pengunjung dapat menikmati fasilitas dua unit akomodasi yang nyaman dan berhadapan langsung dengan pantai.

Fasilitas yang ada di Sirus Culture and eksplore, (Foto: FB Sirus Culture and Eksplore)

Kini, Dedi Alfian, penduduk asli Siau yang sekarang menetap Tagulandang berusaha terus mengenalkan dan  menjaga pesona Sirus sebagai pemandu diving yang berpengalaman.

Dengan bantuan turis-turis seperti Alexa, yang dengan sukarela menjadi penghubung wisatawan dari berbagai belahan dunia, Sirus semakin terbuka untuk dinikmati oleh semua orang.

“Ya awalnya saya membawa tamu wisatawan manca negara yang datang ke Siau untuk mencari spot diving di Tagulandang, dan akhirnya menginap di Sirus. Kamudian ada lagi Alexa namanya,” ujar Dedi.

Saat ini, Sirus Culture and Eksplore menawarkan lebih dari sekadar diving. Para pengunjung dapat menikmati fasilitas akomodasi yang nyaman dengan menyediakan suasana hangat seperti keluarga bagi semua tamu.

Tak hanya itu, Sirus Culture and Eksplore memiliki banyak para-para  dan hammock yang bisa digunakan jika ingin menikmati suasana alam yang lebih terbuka.

Tampak depan Sirus Culture and Eksplore, (Foto: ZONAUTARA.com/Jufri Kasumbala).

Aktivitas wisata pun semakin beragam, mulai dari snorkeling, diving, hingga hiking ke tempat-tempat menarik di sekitar Sirus, termasuk kebun salak yang memikat. Yang tak boleh dilewatkan adalah, tawaran perjalanan ke Pulau Ruang. Di sana pengunjung bisa melihat kondisi dasyatnya sisa erupsi Gunungapi Ruang yang terjadi pada April 2024 lalu.

Dengan keindahan alamnya yang telah dipulihkan dan layanan yang ditingkatkan, Sirus Culture and Eksplore siap menyambut para wisatawan untuk menikmati petualangan baru di tengah-tengah keindahan alam yang memukau.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi Sirus Culture and Eksplore dan menikmati pesona alamnya yang memukau.  Temukan petualangan baru dan kenikmatan yang tak terlupakan di destinasi wisata ini.

Untuk mengunjungi Sirus Culture and Eksplore, Anda membutuhkan waktu sekitar 3- 4 jam menggunakan kapal cepat dari Manado ke Tagulandang, dan sekitar 6 jam, jika menggunakan kapal malam.

Dari pelabuhan Mandolokan Tagulandang, hanya butuh 15 menit untuk bisa sampai di Sirus Culture and Eksplore.

Informasi lebih lanjut atau reservasi, wisatawan dapat menghubungi Dedi Alfian di nomor kontak: 081354945834.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com