E.J. Ven Kandou

0.0
Rated 0.0 out of 5
0.0 out of 5 stars (based on 0 reviews)
Excellent0%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%



Evert Julius Vence Kandou atau lebih akrab dengan nama “E.J. Ven Kandou” (18 Mei 1937 – 4 September 2020) adalah seorang purnawirawan Bintara Tinggi TNI Angkatan Laut. Dan juga Frogmen Commandos pertama. Ia merupakan salah satu dari 8 personel IPAM, yang diberikan tugas oleh Komandan KKO AL saat itu, Mayjen KKO Hartono dibawah pimpinan Kapten KKO Winanto, untuk mengangkat tujuh perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjadi korban tragedi tanggal 30 September 1965 di Lubang Buaya.

Saat ini nama nya diabadikan menjadi nama Gedung Evert Julius Ven Kandou di Puslatpurmar 07/Lampon Desa Pesanggaran Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 16 Maret 2021. Gedung Evert Julius Ven Kondou diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M. dan didampingi Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Pelda (Purn) KKO Evert Julius Ven Kandou, merupakan salah satu yang diberikan tugas oleh Komandan KKO AL saat itu, Mayjen KKO Hartono, untuk mengangkat tujuh perwira tinggi TNI AD yang menjadi korban tragedi tanggal 30 September 1965 di Lubang Buaya. Ada sembilan personel pengangkat jenazah tujuh Pahlawan Revolusi. Kandou juga mengatakan kalau dirinya yang diperintah Letnan KKO Mispan Sutarto untuk mengumpulkan rekan-rekannya IPAM lainnya untuk berangkat ke Kampung Lubang Buaya.

Kesembilan personel tersebut antara lain, Kapten KKO Winanto, Letnan KKO Mispan Sutarto, Sersan KKO Suparimin, dan Kopda KKO E.J. Ven Kandou, Kopda KKO Sudarjo, Kopda KKO Sugimin, Kopka KKO Hartono, Praka KKO Samuri dan Praka KKO Subekti. Perlu menunggu 15 tahun hasil kerjanya diakui oleh pemerintah tepatnya Pada tahun 1980, Sugimin dan kawan-kawannya mendapatkan penghargaan dari TNI Angkatan Darat, Bintang Kartika Eka Paksi.

Lainnya


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Pendidikan Yang Pernah Ditempuh:

Karir :

Pengalaman Kerja :

Kemampuan :

Prestasi :

Biodata

Beri penilaian

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com