Video Permainan Anak Tradisional: TUMBU-TUMBU BLANGA

ZONAUTARA.com — Walaupun di kota permainan anak tradisional sudah sangat jarang di mainkan, namun di kampung-kampung permainan yang sarat dengan nilai kebersamaan, kerjasama, dan baik bagi pertumbuhan kesehatan anak ini terus dimainkan.

Meneruskan Seri Video Permainan Anak Tradisional di Sulawesi Utara, kali ini ZonaUtara.com sajikan permainan anak Tumbu-tumbu Blanga.

Permainan Tumbu-tumbu Blanga biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan. Permainan ini dimainkan secara berkelompok yang terdiri dari 5-6 orang. Mereka akan bermain di teras rumah sambil duduk bersila dan melingkar.

Cara bermain Tumbu-tumbu belanga adalah jari setiap anak dikepalkan dan disilangkan di tengah lingkaran. Kepalan tangan diurutkan bertingkat, dari bawah ke atas. Setelah semua kepalan tangan sudah menyatu di tengah lingkaran, maka anak-anak akan mulai mendendangkan syair Tumbu tumbu blanga.

Sambil lagu dinyanyikan, berturut turut dari kepalan yang paling bawah akan membuka telapak tangan mereka, sampai kepalan tangan yang paling atas.    Setelah semuanya terbuka, mereka akan mengakhirinya dengan saling menyubit punggung tangan.

Syair lagunya adalah:

“Tumbu-tumbu blanga, Blanga Minya Drom,
Drom Cakalele Buka satu Dibawah……….”

atau versi lainnya:

Tumbu’-tumbu’ belanga
belanga minyak rong
rong kacalele tom-tom-tom..
sambayang kapiteng
buka satu di bawah!..

 

Baca pula:

http://zonautara.com/blog/2017/05/30/video-permainan-anak-cenge-cenge/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.