bar-merah

Angkutan Laut Masih Primadona

MANADO, ZONAUTARA.com – Jasa angkutan laut di Sulawesi Utara (Sulut) masih jadi primadona transportasi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari arus penumpang yang menggunakan kapal laut di 12 pelabuhan laut yang ada di Sulut.

Pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut merilis data, pergerakan penumpang pada bulan April 2017 di pelabuhan Labuhan Uki, Tahuna, Lirung, Likupang, Ulu-Siau, Pehe-Siau, Tagulandang, Biaro, Amurang, Kotabunan, Manado, serta Bitung tercatat sebanyak 94.978 orang. Jumlah tersebut meningkat sebesar 17,83 persen dari bulan Maret 2017 yakni sebanyak 80.607 orang.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Sulut Martedhy Mormin Tenggehi menjelaskan, pergerakan penumpang tersebut terdiri dari jumlah penumpang yang turun atau debarkasi sebanyak 47.540 orang; serta yang naik atau embarkasi, yang tercatat sebanyak 47.438 orang penumpang.

“Bila dibandingkan dari bulan yang sama tahun sebelumnya atau year on year, yaitu pada bulan April 2016 dengan
pergerakan penumpang sebanyak 92.289 orang, maka ada peningkatan sebesar 2,91 persen,” paparnya.

Namun bila dilihat secara kumulatif, lanjutnya, dari bulan Januari sampai dengan April 2017, pergerakan penumpang mengalami penurunan sebesar 17,45 persen dibandingkan dengan bulan kumulatif yang sama pada tahun 2016.

“Pada bulan April 2017 ini, pergerakan penumpang hanya untuk pelayaran dalam negeri,” terang Martedhy.

Editor: Ronny A. Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com