ZONAUTARA.com – Semua orang menginginkan hidup yang lebih baik dan keluar dari kehidupan yang miskin. Tidak berada di dalam situasi kehidupan yang miskin akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperbaiki hidup yang lebih baik.

Kadangkala kemiskinan bukan hanya soal kodrat, tetapi karena kegagalan dalam menata finansial, atau sikap dan perilaku hidup yang salah dan yang semestinya dihindari.

Kegagalan secara finansial ini adalah mimpi buruk yang harus dihindari sedapat mungkin atau jika perlu jangan pernah sama sekali gagal menata finansial.

Kebanyak orang baru menyesal dan meratapi segala sesuatu, setelah semuanya terjadi dan sudah terlambat.

Agar kamu tidak gagal secara finansial dan terhindari dari risiko miskin seumur hidup, simak beberapa hal di bawah ini. Baca, catat lalu terapkan.

Baca pula: Hindari memosting 6 hal ini di media sosialmu

Miliki perencanaan masa depan, jangan sampai tidak

Ada orang yang hidup tanpa perencanaan masa depan sama sekali. Tipe manusia seperti ini biasanya hanya memikirkan hidup saat ini tapi tidak memikirkan efek ke depannya. Yang perlu kamu sadari, bahwa keputusan kamu hari ini akan menentukansiapa kamu nanti.

Kamu harus punya sebuah perencanaan, agar setidaknya kamu mengetahui langkah atau hal apa yang penting dan harus dilakukan.

Stop berhutang

Kebiasaan ini harus segera kamu hilangkan jika ingin hidup sukses secara finansial. Stop berhutang, kecuali memang kamu berada dalam keadaan yang memaksamu melakukan itu demi hal-hal yang penting.

Jangan sekali-kali berhutang hanya untuk sebuah keinginan membeli barang-barang mahal atas dasar gengsi dan memetingkan gaya. Ingat, kamu akan terlihat lebih oke jika hidupmu jauh dari yang namanya hutang sekalipun tanpa bergaya atau memiliki barang mahal.

Ilustrasi dari Freepick.com

Jadilah apa adanya, jangan sok kaya

Jangan sekali-kali kamu menganut prinsip ini dalam hidupmu, lebih baik terlihat apa adanya tapi kamu mampu mengelola keuanganmu dengan bijak dan teratur.

Prioritaskan kebutuhan dari pada gaya hidup, gaji kamu yang tidak seberapa jika dipaksakan membeli barang-barang mahal akan berdampak buruk untuk kesehatan keuanganmu, dan kamu akan susah nantinya.

Baca pula: Rawan diretas, 6 celah WhatsApp ini berhasil diatasi

Setidaknya jika ingin membeli sesuatu lebih baik kamu belajar untuk menabung, inilah yang akan menyelamatkan kamu dari yang namanya masa depan super miskin.

Buang kata “malas”

Buang jauh-jauh kata “malas” dari kamus hidupmu. Hidup malas akan membuat kamu miskin seumur hidup. Pada intinya kehidupan itu harus seimbang, jangan juga terlalu keras bekerja, perlunya juga untuk santai.

Orang lain melakukan pekerjaannya dengan totalitas kamu malahan gemar dengan penundaan, dan tidak memiliki inisiatif lebih dalam bekerja.

Jangan mengeluh dan takut mencoba

Salah satu cara melihat mindset atau pemikiran serta cara pandang hidup kamu masih miskin adalah saat kamu terlalu banyak mengeluh, takut mencoba, lebih banyak menghabiskan waktu untuk rebahan dan lainnya yang tidak membuatmu berkembang.

Baca pula: Ini 8 kepintaran anak dan cara stimulasinya

Intinya kamu menolak segala kesempatan yang ada dan tidak mengeksekusinya untuk hidupmu.

Berani berinvestasi

Di era teknologi informasi dan internet ini, media belajar bisa kamu dapatkan di mana saja. Jangan membuat hidupmu susah karena kamu lebih mementingkan uangmu dan habis percuma.

Bukan hanya di bank, tapi investasi itu bisa banyak hal baik sesuai kemampuan atau skill kamu, benda, apartemen atau apapun itu yang bisa membuat keuanganmu bisa setidaknya selamat di masa depan.

Jangan sok pintar

Ternyata sikap ini juga termasuk dalam kebiasaan yang bisa buat kamu miskin seumur hidup!

Kalau kata Bob Sadino, saya dalam menjalani kehidupan harus terus mengosongkan gelas biar saya bisa belajar dan mempelajari sesuatu yang baru dalam hidup ini.

Sekelas pengusaha sukses seperti beliau saja ingin terus belajar, apalagi kamu yang masih belum memiliki uang sebanyak dia. Jadilah pribadi yang ingin terus belajar, dengan begitu kamu akan melihat bahwa hidup ini sebenarnya tentang pembelajaran yang tak henti.

Itulah beberapa hal tentang apa saja yang dapat membuatmu miskin seumur hidup atau gagal secara finansial. Semoga bermanfaat!

Bagikan !