Sangihe Paling Proaktif Selesaikan Kerugian Negara

Rahadih Gedoan
Penulis Rahadih Gedoan



MANADO, ZONAUTARA.com – BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) mengungkapkan bahwa Pemkab Kepulauan Sangihe yang paling proaktif dalam penyelesaian kerugian negara dibanding pemerintah daerah lainnya di ‘Bumi Nyiur Melambai’.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Hasil Pantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK RI dan Pantauan Penyelesaian Kerugian Daerah Semester I 2017 di kantor perwakilan Sulut lembaga negara ini, Jumat (14/7/2017) kemarin.

Disebutkan, penyelesaian kerugian oleh Pemkab Kepulauan Sangihe telah mencapai 74,35 persen. Posisi itu diikuti Kota Kotamobagu sebanyak 72,74 persen, Kabupaten Kepulauan Sitaro sebanyak 64,54 persen, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur sebanyak 64,35 persen, Provinsi Sulut sebanyak 62,01 persen, dan Kabupaten Minahasa sebanyak 57,43 persen.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sebanyak 56,31 persen, Kota Manado sebanyak 48,86 persen, Kota Bitung sebanyak 43,78 persen, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebanyak 42,42 persen, Kabupaten Bolaang Mongondow 34,94 persen.

Posisi berikutnya disusul Kabupaten Kepulauan Talaud 33,95 persen, Kabupaten Minahasa Tenggara 23,10 persen, Kabupaten Minahasa Selatan 22,92 persen, Kabupaten Minahasa Utara 21,01 persen, dan terkecil Kota Tomohon yang sebanyak 9,331 persen.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Tangga Muliaman Purba menyampaikan, dengan penyelesaian kerugian negara tersebut diharapkan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah di mana pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara ekonomis, efisien, efektif, tertib, dan taat terhadap peraturan.

“Harapan kami dengan ditindaklanjutinya rekomendasi BPK dan menyelesaikan kerugian daerah sehingga akan berkurang permasalahan yang ada dan akan semakin baiknya tata kelola keuangan di daerah,” kata Tangga.

 

Editor: Tomy A. Lasut



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Rahadih Gedoan
Follow:
Jurnalis, Instruktur Akting, Pelatih Teater, Sastrawan, Ketua Dewan Kesenian Kota Manado.
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com