Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONAPEDIA

Pulau Warisan Dunia Ini Mengharamkan Kunjungan Perempuan

Jumlah pengunjung dibatasi hanya 200 orang dengan kewajiban melakukan ritual pembersihan diri di laut dan sekali lagi hanya untuk laki-laki.

Published

on

ZONAUTARA.com — Pulau Okinoshima di Jepang ditetapkan oleh Badan PBB untuk Pendidikan dan Kebudayaan (UNESCO) sebagai warisan dunia.

Uniknya, pulau ini tak bisa dikunjungi oleh perempuan karena dianggap sebagai tempat suci. Pulau Okinoshima merupakan Kuil Okitsu, yang dibangun pada abad ke-17.

Kuil ini digunakan untuk mendoakan keselamatan para pelaut. Sebelum masuk ke pulau yang terlarang untuk perempuan tersebut, para pria harus melepas pakaian dan menjalani ritual pembersihan diri.

Dan pada saat meninggalkan pulau, mereka juga dilarang membawa cendera mata apapun maupun menceritakan rincian tentang kunjungannya.

Sebelum Kuil Okitsu dibangun, Okinoshima sudah digunakan sebagai tempat mendoakan kapal-kapal, yang antara lain berlayar untuk hubungan perdagangan dengan Korea dan China, seperti dilaporkan harian Japan Times.

Sekitar 8.000 artefak, yang dibawa sebagai persembahan dari luar negeri, seperti pedang, cermin, maupun termasuk beberapa cincin emas dari Semenanjung Korea ditemukan di pulau itu.

Pulau Okinoshima kini sudah dibuka bagi para pengunjung namun hanya untuk satu hari setiap tahunnya, yaitu setiap 27 Mei. Meski sudah terbuka untuk umum semua peraturan-peraturan kuno masih diterapkan.

Jumlah pengunjung dibatasi hanya 200 orang dengan kewajiban melakukan ritual pembersihan diri di laut dan sekali lagi hanya untuk laki-laki.

Jika tak ada pengunjung maka ada seorang penghuni di Pulau Okinoshima, yaitu seorang pendeta Shinto.

Pekan lalu, UNESCO menetapkan Kota Tua Hebron di Israel sebagai warisan dunia atas usulan Palestina dan pemerintah Israel memprotes keputusan UNESCO itu.

Di Inggris, Taman Nasional Lake District -yang terletak di Inggris tengah- juga masuk dalam Warisan Dunia setelah mengajukan diri sejak 1986.

Berita ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Permainan Anak Tradisional

Ceklen – Seri permainan anak tradisional Sulawesi Utara

Published

on

ZONAUTARA.com – Setiap daerah di Nusantara punya kekayaan tradisi dan budaya. Termasuk kekayaan dalam permainan anak yang lahir dari kekhasan daerah dan ciri masyarakatnya.

Begitu pula dengan Sulawesi Utara sebagai tempat berdiamnya beberapa etnis asli seperti etnis Sangihe Talaud, etnis Minahasa, dan etnis Bolaang Mongonoduw.

Wilayah ini punya beberapa jenis permainan anak tradisional, yang walaupun dalam beberapa hal mirip dengan daerah lain di Nusantara.

Kemajuan teknologi dan modernisasi memang telah meminggirkan permainan anak tradisional dan menggantinya dengan permainan elektronik. Padahal permainan anak tradisional sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan dan budi pekerti serta tumbuh kembang anak.

Zonautara.com mencoba merangkum berbagai permainan anak tradisional tersebut dalam Liputan Khas Seri Permainan Anak Tradisional Sulawesi Utara, yang diturunkan secara berseri lengkap dengan videonya.

Ceklen

Permainan ceklen atau juga biasa disebut bekel biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan. Permainan ini dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia, dengan nama yang berbeda-beda.

Anak-anak yang terdiri dari 2 hingga 5 orang anak, akan menggunakan biji bia, atau rumah kerang berukuran kecil.

Ada sebanyak 4, 6 hingga 8 biji bia yang digunakan, sesuai kesepakatan anak-anak yang terlibat dalam permainan.

Anak-anak akan duduk di lantai sambil bersila memainkan bola dan bia. Sebelum bermain, anak-anak harus melakukan “hum-pim-pah” atau suten untuk mencari siapa yang akan memulai permainan, berturut-turut sebanyak jumlah yang ikut bermain.

Tumbu tumbu blanga – Seri permainan anak tradisional Sulawesi Utara

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending