Connect with us

ZONAPEDIA

Sketsa Telanjang Mona Lisa Ditemukan Di Prancis

Para ahli telah menemukan petunjuk yang cukup bahwa Leonardo Da Vinci yang mengerjakan sketsa tersebut.

Published

on

ZONAUTARA.com – Potret wanita telanjang yang dikenal sebagai Monna Vanna ditemukan di sebuah rumah di Prancis dan diduga telah ada sekitar 150 tahun yang lalu. Lukisan tersebut sebelumnya hanya dihubung-hubungkan dengan studio Leonardo Da Vinci. Namun seorang ahli seni dari Prancis mengatakan lukian tersebut mungkin saja merupakan sketsa dari Mona Lisa.

Namun para ahli telah menemukan petunjuk yang cukup bahwa Leonardo Da Vinci yang mengerjakan sketsa tersebut. Setelah menjalani tes di Museum Louvre di Paris, para kurator yakin bahwa sketsa tersebut adalah hasil karya Leonardo Da Vinci.

Kurator Mathieu Deldicque mengatakan, “gambar tersebut memiliki kulitas yang sangat luar biasa pada bagian tangan dan wajah, dan bukan salinan yang pucat. Dan mungkin sebuah karya persiapan untuk lukisan cat minyak.”

Diantara petunjuk yang diajukan oleh Deldicque adalah tangan dan tubuhnya hampir identik, potretnya memiliki ukuran yang hampir sama, lubang kecil yang menusuk mungkin digunakan untuk melacak bentuknya ke kanvas.

Namun Mr. Mottin menunjukan bahwa garis di bagian atas gambar dilakukan oleh tangan kanan sedangkan Leonardo Da Vinci menggambar dengan tangan kirinya. “Kita harus berhati-hati, penelitian ini akan terus berlanjut dan mungkin akan memakan waktu yang lama karena gambar ini sangat rapuh sehingga sulit untuk dikerjakan,” kata Mottin.

 

Sumber: bbc.com

Translator: Tesa Filia Senduk

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Menyaksikan Batavia, kota tersohor di Asia Tenggara kala itu lewat Virtual Reality

Merasakan sensasi terbang bersama seekor burung mendatangi kota penting dalam sejarah Nusantara.

Published

on

Rekonstruksi visual Batavia. (@wfm.nl / Rob Tuytel)

ZONAUTARA.com – Museum Westfries di Kota Hoorn, Belanda baru saja membuka pameran untuk memperingati 400 tahun sejak Batavia didirikan. Pameran itu berlangsung pada 30 Mei hingga 5 Januari 2020.

Diberi tajuk “Batavia 1627 VR”, para pekerja multimedia dalam pameran itu berhasil menghidupkan Kota Batavia dalam visualisasi virtual reality.

Pengunjung bisa merasakan sensasi terbang bersama seekor burung dan mendatangi Batavia, kota tersohor dan penting di Asia Tenggara pada masa itu.

Batavia menjadi kota penting dalam perjalanan sejarah Nusantara. Sewaktu Jan Pieterszoon Coen ditunjuk memegang jabatan Gubernur Jenderal VOC pada pertengahan tahun 1618, dia langsung mempersiapkan diri menguasai Jayakarta.

Jayakarta adalah salah satu bandar dagang paling sibuk di Kepulauan Nusantara kala itu. Coen melihat peluang Jayakarta bisa menjadi kota pesisir yang ramai karena lokasinya yang strategis.

Coen ingin memindahkan pusat kegiatan VOC ke Jayakarta yang sebelumnya bernama Sunda Kelapa dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Pajajaran. Ini adalah kerajaan Sunda yang berpusat di Bogor dan eksis hingga tahun 1579.

Pada 30 Mei 1619, Coen berhasil mewujudkan keiginannya. Dengan mengerahkan ribuan pasukan VOC, kota pelabuhan milik Kesultanan Banten itu berhasil direbut. VOC menguasai Jayakarta.

Coen kemudian mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia, dan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan VOC di Nusantara. Pengukuhan nama Batavia berlangsung pada 4 Maret 1621, sekaligus membentuk pemerintahannya.

Dari Batavia inilah kemudian VOC dan Belanda mengendalikan Nusantara hingga berabad-abad sesudahnya. Kota ini kemudian memberi pengaruh penting di kawasan Asia Tenggara.

Banyak rekonstruksi kondisi Batavia kala itu melalui foto dan grafis. Namun “Batavia 1627 VR” dalam pameran yang digelar di kota kelahiran Coen itu, mampu membawa kita menikmati kondisi Batavia saat itu dalam tampilan 3D.

Cuplikan videonya dapat dilihat disini:

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com