Sketsa Telanjang Mona Lisa Ditemukan Di Prancis

ZONAUTARA.com – Potret wanita telanjang yang dikenal sebagai Monna Vanna ditemukan di sebuah rumah di Prancis dan diduga telah ada sekitar 150 tahun yang lalu. Lukisan tersebut sebelumnya hanya dihubung-hubungkan dengan studio Leonardo Da Vinci. Namun seorang ahli seni dari Prancis mengatakan lukian tersebut mungkin saja merupakan sketsa dari Mona Lisa.

Namun para ahli telah menemukan petunjuk yang cukup bahwa Leonardo Da Vinci yang mengerjakan sketsa tersebut. Setelah menjalani tes di Museum Louvre di Paris, para kurator yakin bahwa sketsa tersebut adalah hasil karya Leonardo Da Vinci.

Kurator Mathieu Deldicque mengatakan, “gambar tersebut memiliki kulitas yang sangat luar biasa pada bagian tangan dan wajah, dan bukan salinan yang pucat. Dan mungkin sebuah karya persiapan untuk lukisan cat minyak.”

Diantara petunjuk yang diajukan oleh Deldicque adalah tangan dan tubuhnya hampir identik, potretnya memiliki ukuran yang hampir sama, lubang kecil yang menusuk mungkin digunakan untuk melacak bentuknya ke kanvas.

Namun Mr. Mottin menunjukan bahwa garis di bagian atas gambar dilakukan oleh tangan kanan sedangkan Leonardo Da Vinci menggambar dengan tangan kirinya. “Kita harus berhati-hati, penelitian ini akan terus berlanjut dan mungkin akan memakan waktu yang lama karena gambar ini sangat rapuh sehingga sulit untuk dikerjakan,” kata Mottin.

 

Sumber: bbc.com

Translator: Tesa Filia Senduk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.