bar-merah

Secara Kumulatif, Kunjungan Kapal Laut Ke Sulut Alami Penurunan

MANADO, ZONAUTARA.com – Dari Januari hingga Agustus 2017, jumlah kunjungan kapal laut di 12 pelabuhan yang berada di Sulawesi Utara (Sulut) mengalami penurunan, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Demikian yang dijelaskan Kepala Bidang Distribusi Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Sulawesi Utara, Marthedy M Tenggehi, kepada sejumlah awak media saat konferensi pers di Kantor BPS Sulut, Senin (2/10/2017).

“Secara kumulatif dari bulan Januari hingga Agustus 2017 mengalami penurunan sebesar 3,75 persen dibandingkan dengan tahun 2016,” ujar Marthedy.

Namun, kata Marthedy, khusus untuk bulan Agustus 2017 bila dibandingkan dengan bulan Juli 2017, jumlah kapal yang datang alami kenaikan sebesar 2,15 persen.

“Di bulan Agustus dikunjungi 1.043 unit kapal. Terdiri dari 1.025 unit atau 98,27 persen merupakan kapal untuk pelayaran dalam negeri, dan 18 unit atau 1,73 persen merupakan kapal untuk pelayaran luar negeri. Sementara pada bulan Juli terdiri dari 1.021 unit paparnya.

12 Pelabuhan yang dimaksud yakni Pelabuhan Labuhan Uki, Tahuna, Lirung, Likupang, Ulu Siau, Pehe Siau, Tagulandang, Biaro, Amurang, Kotabunan, Pelabuhan Manado, serta Pelabuhan Bitung.

 

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com