bar-merah

Ini Manfaat Konsumsi Madu Secara Rutin

ZONAUTARA.com – Banyak yang mengira, mengonsumsi madu hanya untuk menyembuhkan batuk jika dicampur dengan air perasan lemon. Ataupun, madu dijadikan masker untuk menghaluskan kulit wajah.

Bagi Anda yang penasaran, berikut manfaat madu seperti dilansir dari liputan6.com.

 

1. Tidur nyenyak

Seperti gula pada umumnya, madu dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah yang kemudian melepaskan serotonin. Kemudian, serotonin akan berubah menjadi melatonin, hormon yang dapat membuat kualitas tidur lebih baik.

 

2. Memori yang lebih baik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu mampu melawan stres, mengembalikan sistem pertahanan antioksidan dan tentu saja, sebagai gantinya, bisa meningkatkan daya ingat. Sementara itu, kalsium yang terkadung dalam madu mudah untuk dicerna dan diterima otak, sehingga fungsinya dapat lebih optimal.

 

3. Kulit yang lebih bersih

Madu adalah antioksidan yang sangat baik, itu artinya, jika kamu rutin mengonsumsi madu, maka tubuhmu akan bebas dari berbagai toksin. Selain itu, sifat antibakteri yang dimiliki madu akan meningkatkan kondisi kulit.

 

4. Perut lebih sehat

Madu merupakan antiseptik yang kuat dan sangat dianjurkan untuk meminum sesendok madu saat perut masih kosong. Jika hal ini dijalani secara rutin, maka dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Selain itu, madu dapat menghancurkan kuman dan menyembuhkan luka kecil saat berada di dalam perut.

 

5. Jantung yang lebih kuat

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam madu dapat mencegah arteri dari penyempitan. Hal ini dapat dicegah dengan meminum beberapa sendok madu dan segelas air putih. Penyempitan arteri sendiri dapat menyebabkan gagal jantung, kerusakan ingatan, atau sakit kepala.

 

6. Berat badan menurun

Jika kamu sedang merencanakan diet, kamu pasti akan berusaha untuk terbebas dari gula, seperti permen. Namun, jangnanggap madu seperti gula pada permen, sebab, gula yang dimiliki madu sangat berbeda dengan pemanis lainnya.

Gula di dalam madu dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu, sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com