ZONAUTARA.com – Masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini menjadi faktor penting suksesnya pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 pada 9 Desember mendatang.

Demikian yang dikatakan Walikota Manado Godbless Sofcar Vicky Lumentut, belum lama ini.

“Karena itu, supaya sampai tanggal 9 Desember nanti kita sehat, masyarakat harus disiplin menjelankan protokol kesehatan 4M, di antaranya Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mencuci tangan di air mengalir pakai sabun,” ujar Vicky, sapaan akrab Walikota Manado.

Walikota Manado meluruskan kabar yang beredar belakangan ini bahwa masyarakat harus rapid test di hari pencoblosan nanti. Warga yang punya hak suara dikabarkan wajib menjalani rapid test sebelum mencoblos.

“Sebagai Walikota, saya belum pernah baca bahwa ada ketentuan ini. Pemerintah Kota tidak punya dana untuk me-rapid semua warga kota yang mau ikut (coblos) di Pilkada,” kata Vicky.

Lanjutnya, ketentuannya hanya para penyelenggara Pilkada yang wajib rapid test atau bahkan swab test.

Karena itu, Vicky menegaskan bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima informasi resmi bahwa seluruh masyarakat harus rapid test sebelum hari pencoblosan.

Bagikan !