bar-merah

10 Hal Tentang Kepribadian Introvert

ZONAUTARA.com – Setiap orang memiliki sifat atau karakteristik yang berbeda. Setiap perbedaan yang adalah suatu keunikan yang membedakan seseorang dengan orang lain. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah orang dengan sifat introvert.

Introvert adalah suatu kepribadian dimana manusia lebih memilih menutup diri dari aktivitas dunia luar. Introvert adalah seseorang yang lebih banyak berpikir daripada beraktivitas dengan orang lain. Namun masih ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui dari orang introvert.

 

1. Sulit Mendekati Orang Yang Mereka Suka

Perlu kalian ketahui bahwa orang introvert adalah orang tertutup yang sulit untuk bersosialisasi. Jangankan untuk bergaul bersama teman, bagaimana caranya untuk mendekati orang yang disukai saja sudah merupakan hal yang dirasa hampir mustahil untuk dilakukan. Jadi jangan heran apabila ada orang introvert yang kesulitan mencari kekasih.

 

2. Menyukai Hal Sederhana

Orang introvert sulit dimengerti. Mereka itu pendiam dan sulit mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Jadi, banyak orang yang menganggap bahwa introvert itu sulit ditebak. Tapi bukan berarti orang introvert itu rumit.

Meskipun terlihat pendiam dan sulit ditebak, tapi sebenarnya tidak sulit untuk bisa membuat orang introvert tertarik pada kita.

 

3. Sulit Bersosialisasi

Hal lainnya yang harus kalian ketahui adalah orang introvert itu orang yang sulit untuk bersosialisasi atau bergaul. Berbeda jauh dengan orang extrovert yang mudah bergaul. Jika dilihat, orang introvert hanya memiliki teman dalam jumlah yang sedikit. Teman yang sedikit ini mungkin belum mengenal lebih jauh tentang si introvert, tapi teman inilah yang menjadi teman terbaik dari si introvert.

Bagi introvert, yang terpenting bukanlah seberapa banyak teman yang dimiliki melainkan seberapa pentingnya teman bagi kehidupannya. Para introvert lebih memilih untuk memiliki sedikit teman tapi dengan hubungan yang sangat dekat. Bagi para introvert, kualitas lebih penting daripada kuantitas.

 

4. Butuh Waktu Sendiri Untuk Mengisi Energi

Begitu banyak cara yang dilakukan orang untuk bisa mengisi kembali energi yang telah habis terpakai. Salah satunya adalah berkumpul dengan teman. Berkumpul dengan teman dianggap sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh setelah lama bekerja. Tapi cara ini tidaklah cocok untuk orang introvert.

Orang introvert membutuhkan “me time” yang berkualitas untuk bisa menyegarkan kembali tubuh dan pikiran mereka. Dan biasanya mereka lebih memilih untuk menyendiri atau melakukan hal yang mereka suka. Seperti menonton serial, membaca buku, atau tidur seharian penuh.

 

5. Sedikit Bicara, Banyak Berpikir

Diam adalah salah satu hal yang akan kamu sering jumpai pada orang yang memiliki kepribadian introvert. Ketika kamu berjalan dengan teman-teman dan ada salah satu diantara mereka yang diam, itu bukan tandanya ia benci denganmu atau yang lain. Tapi memang teman kamu itu termausk orang yang introvert dan memang orang introvert itu terkenal tidak banyak bicara.

Apa yang dipikirkan oleh orang introvert dengan apa yang diucapkan bisa dibilang berbanding terbalik. Sebenarnya bukannya mereka tidak mau berbicara, tapi mungkin lebih tepatnya orang introvert itu kesulitan menemukan momen dan kata-kata yang tepat untuk diucapkan.

 

6. Sulit Bekerja Dalam Kelompok

Bekerja dalam kelompok mungkin menjadi hal yang diharapkan oleh banyak orang, tapi tidak dengan orang introvert. Bekerja dalam kelompok sama halnya seperti neraka bagi mereka. Jika bisa memilih bekerja sendiri, orang introvert pastinya akan lebih memilih bekerja sendiri. Terlepas dari seberapa rumitnya pekerjaan yang dilakukan.

 

7. Menyukai Kesendirian

Tidak semua orang suka akan kesendirian layaknya orang introvert. Dalam kesendirian, orang introvert bisa menemukan ketenangan yang diimpikan oleh mereka. Sendiri bisa membantu mereka berpikir lebih tenang dan jernih. Dan juga seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, saat “me time“, orang introvert juga bisa me-recharge energi mereka.

Kalian yang bukan termasuk orang introvert pasti menganggap bahwa kebiasaan orang introvert ini adalah aneh dan tanda bahwa mereka sedang marah, namun tidak. Orang introvert memang lebih senang menghabiskan waktunya sendiri dimana tidak ada orang yang bisa mengganggunya

 

8. Mereka Bisa Diam Berhari-Hari

Janganlah merasa aneh dengan orang yang pendiam. Sayangnya lingkungan sosial saat ini memiliki pengertian yang lucu mengenai orang yang pendiam. Banyak yang mengira bahwa diam adalah suatu petunjuk bahwa ada suatu hal salah yang terjadi yang telah dilakukan oleh seseorang.

Situasi tenang dan sendiri membuat orang introvert ini lebih produktif dimana banyak ide-ide yang muncul ketika mereka sedang sendiri.

 

9. Tidak Terlalu Suka Tampat Ramai

Tidak diundang ke acara pesta? Bukanlah masalah bagi orang introvert. Justru orang introvert sangat berterima kasih apabila mereka tidak diundang ke tempat yang banyak orang. Tempat yang banyak orang membuat mereka harus bersosialisasi, padahal sudah diketahui bahwa orang introvert itu sulit untuk bersosialisasi.

Orang introvert memiliki caranya tersendiri untuk menghabiskan waktu. Tidak seperti kebanyakan orang yang bisa menghabiskan waktu bersama orang lain dengan cara berpesta. Orang introvert lebih memilih memanfaatkan waktunya untuk menghasilkan atau melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka nyaman.

 

10. Introvert Memiliki Sedikit Teman

Banyak mitos yang beredar, salah satunya adalah introvert tidak memiliki teman. Namun mitos itu adalah salah besar. Tidak ada introvert yang tidak memiliki teman, namun mereka itu sulit untuk mencari teman yang cocok. Oleh karena itu hanya beberapa orang saja yang bisa menjadi teman introvert.

Meskipun hanya memiliki teman yang sedikit, tapi hubungan pertemanan diantara mereka sangatlah kuat. Jika kamu telah dianggap sebagai teman dari seorang introvert, maka bisa jadi kamu itu sudah dianggap teman terbaik yang mereka miliki.

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di tahupedia.com

 

Editor: Eva Aruperes



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com