bar-merah

Figura, Tradisi Kunci Tahun

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Di Sulawesi Utara selebrasi tahun baru belum seutuhnya berakhir. Di Desa Teteli, Kecamatan Manadolang, Kabupaten Minahasa, setiap hari minggu di bulan Januari selalu ramai dengan tradisi Figura.

Sejumlah warga yang melakukan Figura, memakai kostum yang meniru figur orang lain atau berpenampilan gender lawan jenis.

Di hari minggu terakhir bulan Januari, disebut sebagai kuncikan yang sudah menjadi acara tahunan, artinya mengunci tahun yang lama 2017 dan menyambut tahun yang baru 2018, meskipun dirayakan di bulan Januari dan bisa dibilang seperti acara puncak.

Tradisi unik ini juga dimanfaatkan untuk mencari dana, seperti yang dilakukan oleh Komisi Remaja dan Komisi Pemuda Getsemani Tateli yang melakukan figura di tengah jalan Trans Sulawesi, untuk menunjang kegiatan mereka.

zonautara.com
Merayakan kuncikan dengan berjalan mengunjungi rumah-rumah sambil bernyanyi (Foto: zonautara.com/Tesa Senduk)

“Kami manfaatkan kuncikan ini untuk mencari dana, adik-adik remaja berpenampilan lucu seperti ini supaya dapat menarik perhatian orang lain dan dapat menyumbang,” ujar Penatua Komisi Remaja Ray Rambi.

Setidaknya ada lima titik di sepanjang jalan Trans Sulawesi, di Desa Tateli yang dijadikan tempat pelaksanaan Figura.

Selain Figura, ada juga tradisi unik lainnya. Ada kelompok-kelompok yang berjalan mengunjungi rumah-rumah sambil bernyanyi untuk tujuan menjaga silahturami.

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com