Connect with us

Serba Serbi

Mie Mengandung Boraks Kini Turun 90 Persen

Published

on

Pegawai BBPOM Manado menunjukkan mie yang mengandung boraks.(Foto: zonautara.com/K-05)

MANADO, ZONAUTARA.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado menggelar konferensi pers terkait tindak lanjut pengawasan mie basah yang mengandung boraks, di Kantor BPOM Manado, Kamis (22/02/2018).

Kepala BPOM Manado Rustyawati dalam penjelasannya mengatakan bahwa pihaknya setiap hari turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan terhadap mie basah yang mengandung Boraks.

“Kami telah temukan pada bulan Januari 2018, angkanya 90 persen. Kami prihatin dan melakukan intervensi cepat,” jelas Rustyawati.

BBPOM Manado, lanjutnya, kini bersyukur. Pasalnya, setelah diadakan pengecekan lapangan pada tanggal 20 Februari 2018 kemarin, angka mie boraks sudah turun.

“Syukur alhamdulilah turun drastis, dari 90 persen menjadi 4 persen. Dari 49 sample hanya 2 sample yang positif,” ungkapnya.

Dikatakannya lagi, pihak BBPOM Manado dengan para pelaku usaha sudah mengadakan komitmen bersama untuk tidak menggunakan lagi bahan kimia boraks yang dicampur dalam mie.

“Kami telah memangil pelaku usaha produsen untuk sama-sama komitmen pada minggu kedua bulan Februari lalu. Mereka pun sudah tanda tangan di atas materai,” tandas Rustyawati.(K-05)

 

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !

Serba Serbi

Jangan lekas percaya postingan liburan di Instagram, Youtuber ini membuktikannya

Foto di lokasi wisata bisa dimanipulasi dengan mudah.

Bagikan !

Published

on

Instagram Natalia Taylor

ZONAUTARA.COM – Warganet sering dibuat iri dengan postingan influencer khususnya soal perjalanan wisata, yang memposting foto-foto di destinasi wisata.

Bisa jadi, foto itu tidak diambil di lokasi wisata yang sebenarnya, tetapi hanya merupakan rekayasa semata.

Natalia Taylor, seorang Youtuber yang punya 1.95 juta subscriber melakukan eksperimen untuk membuktikan bahwa tak semua foto influencer wisata benar-benar diambil di lokasi seperti yang mereka ceritakan.

Taylor yang juga punya punya 300 ribu follower di Instagram mampu mengecoh warganet dengan serangkaian foto liburan di Bali, yang sebenarnya tidak dipotret di Bali.

Taylor mengunggah melalui akun Instagramnya foto-foto yang membuat pengikutnya berdecak kagum dan dia menuai ribuan komentar.

View this post on Instagram

The queen has arrived 🌊💖 #bali

A post shared by Natalia Taylor (@natalia__taylor) on

Salah satu fotonya sedang menelepon seolah di lobby sebuah hotel, dan dibubuhi caption “The queen has arrived Bali”.

Postingan itu mendapat Like sebanyak 25 ribu kali dan lebih dari 1000 komentar.

Pada postingan berikutnya Taylor mengunggah foto dirinya sedang menikmati relaksasi dengan mandi di dalam bathtub dan menuliskan caption, “where should I travel to next? Comment below and maybe I will :)”

Postingan itu juga mendapat reaksi dari ribuan followernya di Instagaram.

Warganet tertipu, dan percaya bahwa Taylor memang sedang berlibur di Bali. Padahal dia melakukan pengambilan foto itu hanya di sebuah toko IKEA di kotanya.

Taylor kemudian mengupload eksperimen itu pada channel Youtubenya dan menyatakan bahwa dia sengaja membuat konten liburan itu, untuk menegaskan bahwa betapa mudahnya melakukan manipulasi pada foto perjalanan wisata.

Video yang diunggah oleh Taylor itu menjadi viral, dan hanya dalam seminggu telah ditonton lebih dari 1 juta kali.

Jadi, jangan terlalu cepat percaya jika temanmu atau siapa saja mengunggah foto-foto hasil perjalanan. Bisa jadi itu hanya manipulasi digital.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com