Connect with us

Serba Serbi

Atraksi Barongsai, Tradisi Mengusir Hawa Jahat

Published

on

Atraksi Barongsai yang mengunjungi rumah warga keturunan Tionghoa di Kelurahan Dendengan Dalam. (Foto: zonautara.com/Tonny Rarung)

MANADO, ZONAUTARA.com  Barongsai dari Perguruan Wushu Ching Lung Toan dari Klenteng Kwan Kong Manado, menggelar road show, Senin (26/2/2018). Barongsai ini pun mengunjungi rumah-rumah warga keturunan Tionghoa.

Salah satunya di rumah Keluarga Maringka-Theyono, yang berada di Lingkungan V, Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Paal Dua.

Robby Kolondam yang memimpin tim Barongsai tersebut mengatakan, kunjungan ini sudah berlangsung setiap tahun.

“Kunjungan Barongsai ini memiliki maksud untuk mengusir hawa-hawa jahat,” ujar Robby.

Pemiliki rumah yang dikunjungi Barongsai, Benny Maringka mengatakan, kunjungan Barongsai ke rumah-rumah sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan setelah perayaan Imlek.

“Selain menghibur keluarga, Barongsai ini bisa mengusir segala hal-hal yang menghalangi usaha,” kata Robby.

Pemilik rumah lainnya yang dikunjungi Barongsai Melisa Theyono mengatakan, kunjungan Barongsai ini sebenarnya sama seperti kebiasaan di Manado, yakni Vigura.

“Kalau kami lebih khas dengan Barongsai,” ujar Melisa.

Sementara itu, Ayup, salah satu warga Kelurahan Dendengan yang menyaksikan atraksi tersebut mengaku merasa terhibur dengan kunjungan Barongsai tersebut.

“Selain berguna bagi keluarga yang dikunjungi, ini juga sangat menghibur masyarakat,” kata Ayup.

 

Editor : Christo Senduk

Serba Serbi

Babi aneh bermata satu berwajah mirip badak, di peternakan di Kalasey

Induk dan pejantan serta 12 ekor anak babi lainnya normal.

Published

on

Anak babi berwajah mirip badak dan bermata satu. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Seekor anak babi terlahir aneh. Wajahnya mirip dengan wajah badak. Lebih aneh lagi, mata anak babi ini hanya satu.

Menurut penjaga kandang Novli Rumondor (38), baru kali ini selama dia menjadi pekerja di peternakan babi menemui hal aneh seperti ini.

“Heran juga, baru kali ini bentuknya sangat aneh,” ujar Novli saat ditemui Sabtu (30/6/2019) malam, di kandang yang berada di desa Kalasey, kecamatan Mandolang, Minahasa.

Novli yang menjaga babi ternak milik Denny Robial, warga Tateli itu menerangkan, induk dan pejantan babi aneh itu dalam kondisi normal dan tidak ada yang cacat.

“Induknya melahirkan 13 ekor anak babi kemarin sore (Jumat, 29/6). Yang 12 ekor itu nornal semua, hanya satu ini yang aneh,” jelas Novli.

Karena terlihat lemah, Novli memindahkan anak babi itu di tempat terpisah. Dia khawatir, anak babi itu akan tersisih karena lemah.

“Jadi saya pindah di loyang ini, dan saya beri minum susu, disuap,” kata Novli.

Denny pemilik induk babi itu mengaku kaget saat mendengar kabar ada anak babi yang kondisinya tidak seperti anak babi lainnya.

“Saya tidak tahu apa penyebabnya. Semoga saja anak babi itu bertahan hidup,” kata Denny.

Jika diperhatikan, wajah babi itu memang mirip badak. Mulutnya yang cacat seperti cula badak. Matanya terlihat menyatu di tengah, meski nampak pula kedua bola matanya.

Di lokasi babi aneh itu terdapat beberapa peternakan babi milik warga setempat. Novli sendiri dipercayakan merawat 20 ekor induk babi.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com