bar-merah

Kajati Sulut: Tanpa Jasa Pahlawan Tidak Ada Kejaksaan

MANADO, ZONASULUT.com – Ratusan orang berseragam cokelat tua nampak memadati halaman Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Manado, Sabtu (21/7/2018) sekitar pukul 07.00 Wita. Mereka terlihat berbaris rapi dengan sikap siap sempurnah.

Orang-orang berseragam cokelat tua ini adalah para Jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut). Mereka datang ke TMP Kairagi untuk melakukan ziarah dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-58.

Dipimpin langsung Kepala Kejati (Kajati) Sulut, M Roskanedi, seusai melaksanakan doa bersama dan hening cipta, para Jaksa ini pun menuju area pemakaman yang berada persis di belakang tempat mereka melaksanakan upacara.

zonasulut.com
Kajati Sulut M Roskanedi tengah berdiri di area makam para pahlawan.

Sebanyak 561 makam berderet di sana. Para Jaksa menaburkan bunga di makam-makam tersebut. Setiap tahunnya, ketika memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Kejati Sulut memang selalu menggelar ziarah.

Menurut penuturan Kajati Sulut M Roskanedi, hal ini dikarenakan keberadaan Korps Adhyaksa sebagai abdi negara, tak lepas dari peran para Kusuma Bangsa yang telah merintis jalannya pemerintahan dan hukum di negara Republik Indonesia.

“Ini kegiatan yang rutin dilakukan. Karena bagaimana pun kita, khususnya Kejaksaan tidak bisa melepaskan diri dari jasa-jasa para pahlawan. Tanpa mereka tidak ada Kejaksaan seperti sekarang ini,” ujar Roskanedi.

zonasulut.com
Jaksa Pingkan Gerungan saat menaruh bunga di salah satu makam pahlawan.

Ditempat yang sakral ini, Roskanedi menaruh harap. Kedepannya Kejaksaan akan tetap eksis, disegani, dincintai masyarakat, dan menjadi tumpuan untuk penegakan hukum di Sulut.

Ziarah ini dihadiri oleh segenap jajaran di Kejati Sulut maupun Kejaksaan Negeri (Kejari) yang menginduk ke Kejati Sulut. Yaknik Kejari Bolaang Mongondow, Kejari Bitung, Kejari Tomohon, Kejari Kotamobagu, Kejari Minahasa, Kejari Manado, Kejari Minahasa Utara, Kejari Minahasa Selatan, Kejari Sangihe dan Kejari Talaud.

Penulis: Rizali Posumah

Editor: Rizali Posumah



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com