Loading...
Copy

RUANG dan PASIGE: Hidup Berdamai Dengan Gunung Api dan Benteng Alam Mangrove

ZONAUTARA.com — Dalam daftar The 7 Wonderfull of Sitaro ada dua pulau yang berada di Tagulandang. Pulau Ruang dan Pulau Pasige.

Ruang sendiri adalah sebuah gunung api bertipe strato dengan ketinggian 725 meter di atas permukaan laut.

Walau ini merupakan sebuah gunung berapi aktif, namun banyak penduduk yang bermukim di sekitar Ruang. Bahkan kebun-kebun mereka berjarak sangat dekat dengan kawah Ruang.

Gunung api yang terlihat sangat memesona ini, meletus terakhir kali pada 25 September 2002. Hingga kini masyarakat di sana seolah hidup berdamai dengan Ruang.

Anda yang tidak bisa mendaki gunung yang tinggi, bisa menjadikan Ruang sebagai salah satu alternatif pendakian yang mudah.

Mengelilingi pulau Ruang juga merupakan keasyikan sendiri, sebab di beberapa bagian pulau ini ada bebatuan hasil muntahan kawah yang sudah mengeras. Namun di sisi lain, ada juga pantai yang bisa menjadi pelepas penat.

zonautara.com
Aktifitas nelayan di depan pulau Ruang di Tagulandang, Sitaro. (Foto: zonautara.com/Ronny A. Buol)

 

Keberadaan Ruang yang tepat berada di depan dermaga Pelabuhan Tagulandang, seolah menjadi benteng bagi dermaga itu kala gelombang meninggi. Kapal-kapal selalu berlindung di antara Ruang dan Tagulandang jika kondisi laut tidak memungkinkan untuk berlayar.

Bagi anda yang berlayar dengan kapal cepat ke Siau maupun ke Tahuna, pasti tidak akan melewatkan moment saat melintas di depan Ruang. Memotret pulau ini akan memberikan kepuasan tersendiri.

Di dekat Ruang ada juga sebuah pulau yang nyaris rata dengan permukaan laut. Bahkan dalam kondisi tertentu, saat pasang laut sangat tinggi, pulau ini seolah tenggelam. Pasige, namanya.

Pulau yang ditumbuhi mangrove sekelilingnya menjadi semacam benteng bagi pantai di Tagulandang. Karang yang mengelilinginya juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan.

zonautara.com
Pulau Pasige di Tagulandang, Sitaro terlihat dari udara. (Foto: zonautara.com/Ronny A. Buol)

Itulah sebabnya di sekitar Pasige terdapat beberapa spot dive yang cukup indah. Demikian pula di sekitar pulau Ruang.

Pulau kecil ini juga menjadi tempat hidup berbagai jenis burung. Berpetualang dengan sampan mengelilingi Pasige sambil menyaksikan keanekaragaman hayati adalah petualangan yang mengasyikkan.

Jika anda ingin bepergian ke Ruang dan Pasige, menginaplah di Tagulandang. Di sekitar pelabuhan Tagulandang, terdapat beberapa penginapan dengan harga yang sangat terjangkau.

Jangan segan untuk mengajak nelayan di sekitar untuk pergi memancing. Ini bisa menjadi bonus perjalanan anda menelusuri keindahan wisata Sitaro.

0 thoughts on “RUANG dan PASIGE: Hidup Berdamai Dengan Gunung Api dan Benteng Alam Mangrove

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.