Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Wisata dan Perjalanan

BALIRANGENG: Memandangi Teluk dan Sambutan Selamat Datang di Patung Yesus

Tapi Balirangeng tak sekedar patung Yesus raksasa itu. Salah satu lokasi wisata andalan Dinas Pariwisata Sitaro ini juga punya pesona lainnya: pantai berpasir yang elok.

Published

on

ZONAUTARA.com — Datangilah pulau Siau dan berkunjunglah ke Balirangeng. Sebuah lokasi terindah memandangi laut dari punggung bukit.

Perjalanan dengan kapal dari Manado yang akan bersandar di dermaga Pelabuhan Ulu akan melewati teluk yang sangat indah ini. Pemandangan di kanan kapal menyajikan pulau-pulau dalam cluster Buhias. Serakan pulaunya seolah menjadi benteng bagi pulau Siau di sisi kiri kapal.

Begitu haluan kapal mengarah masuk teluk yang indah ini, sambutan selamat datang di pulau penghasil pala kualitas terbaik di dunia ini, terwakili oleh patung yang berdiri megah di salah satu punggung bukit Balirangeng.

Patung Yesus dengan dominan warna putih ini menjadi ikon sikap religius yang dianut penduduk Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Patung yang berdiri megah sambil membentangkan tangan ini juga seolah menandakan perjalanan anda diberkati.

Tapi Balirangeng tak sekedar patung Yesus raksasa itu. Salah satu lokasi wisata andalan Dinas Pariwisata Sitaro ini juga punya pesona lainnya: pantai berpasir yang elok.

zonautara.com

Pemandangan indah dari Baliranggeng, Sitaro. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

 

Berada di pantai berpasir Balirangeng adalah jaminan mendapatkan pemandangan yang indah. Sebab di pantai ini terdapat spot terbaik memotret gunung Api Karangetang yang nampak agung itu.

Bergegaslah ke sana, saat subuh dan nantikan kemunculan matahari terbit dengan cahayanya yang berkilau terpantul dari permukaan laut. Jika anda penyuka travelling outdoor, cobalah menggelar tenda di pantai Balirangeng.

Saat malam, anda bisa mengajak nelayan di situ untuk memancing di teluknya yang kaya ikan. Lalu gelarlah pesta bakar ikan sambil berbagi cerita mite Karangetang dari penduduk lokalnya.

Ambillah jalan pulang memutar bagian Siau Barat Selatan hingga ke pantai Tangangga. Dan cobalah mampir untuk melihat goa tengkorak di pantai itu dan memandangi pulau Tagulandang di kejauhan.

Balirangeng, adalah bagian dari destinasi unggulan Pemkab Sitaro yang akan dikembangkan dalam program The 7 Wonderfull of Sitaro.

Wisata dan Perjalanan

20 tahun jual sagu, bupati pun tak segan ke warung ini

Dari anak buah kapal hingga pejabat duduk membaur di warung Ma Embo dan Om Tole.

Published

on

TAHUNA, ZONAUTARA.com – Orang memanggil mereka dengan sapaan akrab: Ma Embo dan Om Tole. Suami istri yang berjualan kuliner sagu di Pasar Towo’e, Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Warung mereka sangat sederhana, sempit dan terhimpit di antara lapak pedagang lain. Tapi jangan tanya siapa yang pernah ke warung itu, dari anak buah kapal hingga bupati pernah ke warung itu.

Tujuannya cuma satu, menikmati sagu racikan Ma Embo dan Om Tole. Sagu, adalah salah satu pangan pokok orang suku Sangir Talaud yang mendiami wilayah Nusa Utara, termasuk Sangihe.

Maka mencicipi sagu adalah wajib. Diberkahi dengan kekayaan bahari, tak lengkap jika sagu yang disangrai itu dicecap tanpa ikan bakar. Ditambah sambal mentah dengan perasan jeruk khas Sangihe, lengkap sudah sajian sederhana namun bercita rasa tinggi ini.

Jadi, jika anda sedang berada di Tahuna dan tidak menyambangi warung yang sudah 20 tahun eksis ini, maka anda akan merugi.

Editor dan video: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending