bar-merah

BALIRANGENG: Memandangi Teluk dan Sambutan Selamat Datang di Patung Yesus

ZONAUTARA.com — Datangilah pulau Siau dan berkunjunglah ke Balirangeng. Sebuah lokasi terindah memandangi laut dari punggung bukit.

Perjalanan dengan kapal dari Manado yang akan bersandar di dermaga Pelabuhan Ulu akan melewati teluk yang sangat indah ini. Pemandangan di kanan kapal menyajikan pulau-pulau dalam cluster Buhias. Serakan pulaunya seolah menjadi benteng bagi pulau Siau di sisi kiri kapal.

Begitu haluan kapal mengarah masuk teluk yang indah ini, sambutan selamat datang di pulau penghasil pala kualitas terbaik di dunia ini, terwakili oleh patung yang berdiri megah di salah satu punggung bukit Balirangeng.

Patung Yesus dengan dominan warna putih ini menjadi ikon sikap religius yang dianut penduduk Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Patung yang berdiri megah sambil membentangkan tangan ini juga seolah menandakan perjalanan anda diberkati.

Tapi Balirangeng tak sekedar patung Yesus raksasa itu. Salah satu lokasi wisata andalan Dinas Pariwisata Sitaro ini juga punya pesona lainnya: pantai berpasir yang elok.

zonautara.com
Pemandangan indah dari Baliranggeng, Sitaro. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

 

Berada di pantai berpasir Balirangeng adalah jaminan mendapatkan pemandangan yang indah. Sebab di pantai ini terdapat spot terbaik memotret gunung Api Karangetang yang nampak agung itu.

Bergegaslah ke sana, saat subuh dan nantikan kemunculan matahari terbit dengan cahayanya yang berkilau terpantul dari permukaan laut. Jika anda penyuka travelling outdoor, cobalah menggelar tenda di pantai Balirangeng.

Saat malam, anda bisa mengajak nelayan di situ untuk memancing di teluknya yang kaya ikan. Lalu gelarlah pesta bakar ikan sambil berbagi cerita mite Karangetang dari penduduk lokalnya.

Ambillah jalan pulang memutar bagian Siau Barat Selatan hingga ke pantai Tangangga. Dan cobalah mampir untuk melihat goa tengkorak di pantai itu dan memandangi pulau Tagulandang di kejauhan.

Balirangeng, adalah bagian dari destinasi unggulan Pemkab Sitaro yang akan dikembangkan dalam program The 7 Wonderfull of Sitaro.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com