Connect with us

Politik dan Pemerintahan

KPU Minahasa Evaluasi Regulasi Pilkada 2018

Published

on

LMINAHASA, ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melakukan evaluasi terhadap berbagai regulasi yang digunakan selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa tahun 2018.

Koordinator Pelaksana yang juga Divisi Hukum KPU Minahasa Rendi Suawa mengatakan, kegiatan tersebut adalah amanat dari aturan. Menurut dia, setiap penyelenggaran Pilkada harus membuat laporan pelaksanaan.

“Apalagi, Pilkada Minahasa merupakan barometer dari Provinsi Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Minahasa Lord Malonda menjelaskan, bahwa hal itu lebih detail diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 5 tahun 2018. Di mana, dalam aturan itu menjelaskan, bahwa KPU diberi waktu tiga bulan melakukan evaluasi.

Hal itu, kata dia, terhitung sejak KPU menyerahkan hasil penetapan calon terpilih ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Evaluasi ini juga untuk proses pelaporan kami,” tambah Malonda.

Diketahui, evaluasi yang dilaksanakan Senin (20/8/2018) hingga Selasa (21/8) tersebut berlangsung di Hotel Aryaduta Manado.

Ikut hadir sebagai pembicara Harjono selaku Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia, Koordinator Komunitas Pemilu Indonesia Jerry Sumampouw, serta Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon.

Sedangkan peserta dalam evaluasi ini terdiri dari elemen pers, komunitas peduli Pemilu, mahasiswa dan lainnya.

 

Editor : Christo Senduk

Politik dan Pemerintahan

Sulut dukung Megawati kembali pimpin PDIP

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.comKetua DPD PDIP Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyatakan, akan memberi dukungan kepada Megawati Soekarno Putri pada Kongres di Bali, Agustus mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Olly usai memimpin Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Sulut, yang digelar Selasa (25/6/2019) malam.

“Kami mendukung ibu Mega untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP PDIP. Ini sudah keputusan di Rakernas (Rapat Kerja Nasional) baru-baru ini. Dan ini yang kami sosialisasikan dalam Rakerda ini, sebagai persiapan menghadapi Kongres,” terangnya.

Terkait hasil Rakerda, menurut Olly, pihaknya telah memintakan nama-nama calon ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) tingkat DPC yang akan dibahas dan ditetapkan pada 17 Juli 2019 nanti.

“Ini juga sebagai persiapan Kongres karena KSB juga akan berperan di Kongres nanti,” tutup Olly. (K-02)

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com