Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Hukum dan Kriminal

Tim Intel Kejari Tomohon Tangkap Terpidana Korupsi Halmahera Utara

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Tim Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon berhasil menangkap seorang terpidana korupsi yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kejari Halmahera Utara, Kamis (13/9/2018).

Penangkapan tersebut pun dilakukan Tim Intelijen Kejari Tomohon bersama dengan Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut), Tim Intelijen Kejati Maluku Utara dan Tim Jaksa Eksekutor Kejari Halmahera Utara.

Penangkapan tersebut pun dilakukan Tim Eksekutor berdasarkan Surat Perintah Pelaksanaan Putusan Pengadilan Nomor Print-57/S.2/Fuh.1/09/2018 tanggal 12 September 2018 atas putusan Pengadilan Negeri Tobelo Nomor 74/Pid.Sus/2011/PN.TBL tanggal 18 April 2012, terhadap terpidana Benjamin Wagono, atas kasus korupsi gratifikasi yang dilakukan secara berlanjut.

Terpidana diketahui merupakan mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Halmahera Utara yang terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp208.000.000.

Kepala Kejari Tomohon Edy Winarko melalui Kepala Seksi Intelijen Wilke H Rabeta membenarkan hal tersebut.

“Tim Gabungan melakukan penangkapan terhadap terpidana di rumah terpidana yang terletak di Jaga 1, Desa Ranatongkor Timur, Kecamatan Tombariri Timur, Kabupaten Minahasa. Kemudian terpidana segera diamankan ke Kantor Kejari Tomohon dan selanjutnya terpidana diberangkatkan menuju Tobelo untuk dilakukan proses eksekusi di Lembaga Pemasyarakatan setempat untuk menjalani hukuman,” ujar Rabeta, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, terpidana akan menjalani masa hukuman selama lima tahun. Selain itu, lanjut dia, terpidana pun dihukum membayar denda sebesar Rp250.000.000, subsider enam bulan penjara.

Dia menambahkan, terpidana dinyatakan terbukti melanggar Pasal 11 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 juncto UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

“Terpidana telah menjadi DPO Kejaksaan Negeri Halmahera Utara sejak tahun 2012,” pungkasnya.

 

Editor : Christo Senduk

Hukum dan Kriminal

Pilot ini ditangkap polisi karena sebarkan ujaran kebencian jelang 22 Mei

Polisi menangkapnya di Surabaya, karena memposting ujaran kebencian di Facebook-nya.

Published

on

IR, Pilot penerbangan swasta yang sebarkan ujaran kebencian melalui Facebook nya(Dokumentasi Polres Jakarta Barat) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebarkan Ujaran Kebencian dan Hasutan, Seorang Pilot Ditangkap Polisi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/20/05171911/sebarkan-ujaran-kebencian-dan-hasutan-seorang-pilot-ditangkap-polisi. Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari Editor : Kurnia Sari Aziza

ZONAUTARA.com – Polisi menangkap seorang pilot dari salah satu maskapai penerbangan swasta, karena menyebarkan ujaran kebencian melalui akun media sosialnya.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu mengakui penangkapan itu, sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Pilot berinisial IR tersebut ditangkap di Surabaya, Jawa Timur pada sabtu (18/5/2019).

“Benar, kami telah menangkap seorang pilot yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial dan melanggar UU ITE,” kata Edy melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (19/5/2019) malam.

IR dalam unggahannya menyebarkan konten ujaran kebencian serta narasi yang mengandung teror, hasutan dan menimbulkan ketakutan.

Salah satu pesan yang disebarkan IR adalah menghasut warga melakukan perlawanan pada 22 Mei 2019, saat pengumuman resmi hasil rekapitulasi pemilu oleh KPU RI.

“Catat…. Siapapun yang dimenangkan oleh KPU 22 Mei 2019 yang akan datang…. Benturan dan kerusuhan tetap akan terjadi dan yakinlah bahwa korban tidak akan sedikit….” tulis IR dalam akun Facebook-nya.

Selain itu, IR juga telah menyebar berita hoaks, salah satunya berjudul, “Polri Siap Tembak di Tempat Perusuh NKRI”.

“Saat ini masih kami dalami motif pelaku menyebarkan ujaran kebencian atau hate speech di medsos tersebut,” ujar Edy.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending