Connect with us

Zona Tomohon

Caleg Dilarang Buat APK Pribadi

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Para bakal calon anggota legislatif (caleg) yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang, dilarang untuk membuat Alat Peraga Kampanye (APK) pribadi.

Pasalnya, yang diperbolehkan untuk membuat APK adalah Partai Politik (Parpol) yang menjadi peserta Pemilu.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Kota Tomohon Robby Golioth.

Menurut dia, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 yang telah diubah dengan PKPU 28 Tahun 2018, bahwa pemasangan APK harus diketahui oleh KPU.

Di mana, kata dia, pihaknya akan memfasilitasi pemasangan APK oleh setiap parpol peserta Pemilu tersebut.

“Jadi, kami akan memfasilitasi parpol untuk APK. Nanti, parpol kita mintakan desain untuk APK tersebut. Tapi yang kami fasilitasi itu parpol, bukan caleg. Pribadi caleg tidak bisa membuat (APK) sendiri,” ujar Golioth, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, setiap parpol peserta pemilu pun diperbolehkan untuk membuat APK sendiri, namun tetap ada batasan, baik dalam pembuatan baliho ataupun spanduk.

Bahkan, dalam APK tersebut pun, gambar sang caleg tidak akan dipampang dan hanya terbatas pada pimpinan partai.

APK yang nantinya akan difasilitasi KPU, lanjut dia, akan dipasang di sejumlah titik yang akan tersebar di lima kecamatan di Kota Tomohon.

“Namun, untuk wilayah pusat kota tidak akan dipasangi APK, dengan melihat faktor estetika,” pungkasnya.

Dia menambahkan, kehadiran APK yang saat ini sudah menghiasi sejumlah sudut di Kota Tomohon adalah tidak sah, karena tidak diketahui oleh pihaknya.

 

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Gantikan Lala, Posumah duduki kursi legislatif selama satu bulan

Published

on

Pengambilan janji Anggota DPRD Elieser Posumah. (Foto: Humas DPRD)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPergantian Antar Waktu (PAW) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kembali terjadi di DPRD Kota Tomohon.

PAW tersebut dilakukan Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Tomohon.

Kini, giliran Anggota DPRD Michael Pieter Lala yang digantikan posisinya oleh legislator baru Elieser Posumah yang akan menduduki kursi legislatif selama satu bulan.

Pasalnya, Anggota DPRD Kota Tomohon periode 2019-2024 direncanakan akan dilantik pada 16 September 2019.

Pergantian Lala kepada Posumah itu dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tomohon, Jumat (16/8/2019).

Ketua DPRD Tomohon Miky JL Wenur didampingi Wakil Ketua Carol Senduk dan Youddy Moningka memimpin langsung paripurna dan pengambilan janji dari Posumah.

“Saya mengingatkan, bahwa janji yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Indonesia,” ujar Wenur.  

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang turut hadir dalam sambutannya mengatakan, tantangan yang dihadapi saat ini oleh Anggota DPRD adalah peningkatan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Hal ini telah menjadi menjadi persyaratan pokok untuk memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat dalam berbagai strata kehidupan,” ungkap Eman.

Sementara, Posumah mengaku bersyukur atas amanah yang diberikan itu.

“Tentunya saya bersyukur dan akan berupaya untuk melaksanakan tugas dengan baik, walaupun tidak terlalu lama semampu saya,” pungkasnya.

Dia pun berjanji akan mendukung program-program yang ada baik dari DPRD dan juga dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com