Connect with us

Penerimaan CPNS 2018

Lolowang Tegaskan Tidak Ada Jatah-jatahan di Rekrutmen CPNS 2018

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di Kota Tomohon dipastikan akan berlangsung bersih dan tidak ada jatah-jatahan.

Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V Lolowang.

Dia mengatakan, sistem perekrutan CPNS 2018 kali secara serentak menggunakan sistem Computer Assesment Test (CAT). Di mana, hasil dari tes tersebut akan langsung diketahui peserta usai pelaksanaan tes.

“Oleh karena sistem yang akan dilaksanakan adalah sistem CAT, jadi tes yang dilakukan oleh yang bersangkutan, langsung yang bersangkutan tahu hasilnya, langsung juga yang bersangkutan tahu angkanya,” ungkap Lolowang, Senin (17/9/2018).

Menurut Lolowang, kelulusan dalam tes tersebut pun ditentukan oleh kapasitas, kemampuan diri sendiri yang melaksanakan tes.

Lolowang pun mengimbau para peserta nantinya agar tidak terpengaruh dengan bujukan para oknum calo yang ingin mengambil keuntungan dalam rekrutmen kali ini.

“Kami mengimbau, jangan terperdaya dengan oknum-oknum ynag mau mengambil kesempatan, yang mengatakan boleh mengurus ini dan itu, boleh melalui ini boleh melalui itu. Mengiming-imingi akan mempermulus menjadi CPNS. Itu tidak benar sama sekali,” katanya.

Jika didapati adanya oknum-oknum yang mengambil keuntungan tersebut, lanjut Lolowang, diharapkan segera dilaporkan dan akan dilanjutkan kepada aparat penegak hukum untuk diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Jadi saya pikir bagi kita semua, apabila ada yang seperti itu yang mengatasnamakan wali kota, wakil wali kota, sekretaris kota atau pejabat lainnya, harap dilapor kepada kami dan akan kami minta diproses. Supaya ini menjadi jelas, bahwa yang bersangkutan sebagai calo dan mengambil kesempatan di dalam penerimaan CPNS,” tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini masih akan menggelar rapat sebelum akhirnya mengumumkan secara resmi melalui pengumuman di papan pengumuman terkait rekruitmen. Walaupun, pendaftaran secara nasional akan dimulai tanggal 19 September.

Lolowang pun kembali menegaskan, bahwa rekrutmen ini tidak ada campur dari Pemerintah Kota Tomohon.

“Karena semua serentak ke pusat dan komputer yang proses, jadi tidak ada campur tangan dari Pemkot untuk mengetahui,” tandas Lolowang.

Diketahui, dalam rekrutmen CPNS 2018, Kota Tomohon mendapat jatah sebanyak 253 formasi umum, yang ter

 

Editor : Christo Senduk

Penerimaan CPNS 2018

54 Peserta CPNS Tomohon Lulus Tes CAT

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Sebanyak 54 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Tomohon lulus dalam Tes Computer Assisted Tes (CAT), yang digelar di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XI Manado, sejak Kamis hingga Minggu (8-11/11/2018). Dua di antaranya pun merupakan peserta kategori penyandang disabilitas.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu mengatakan, dari total 2.320 peserta yang lulus dalam seleksi administrasi, sebanyak 2.255 peserta telah menjalani tes CAT, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Kompentensi Dasar (TKD).

Adapun Passing Grade dari masing-masing tes, yakni TWK berjumlah 75, TIU berjumlah 80 dan TKP berjumlah 143.

Menurut dia, ada sebanyak 65 peserta yang tidak mengikuti tahapan tes CAT tersebut.

“Tes CAT ini sudah terlaksana dengan baik. Walaupun hasilnya sangat sedikit, tapi kami bersyukur yang lulus Passing Grade sebanyak 54 peserta. Dua di antaranya merupakan peserta disabilitas, yakni guru matematika SMP dan Auditor Inspektorat,” ujar Pontonuwu, di kantor BKPPD Tomohon, Senin (12/11/2018).

Dia menjelaskan, hasil tersebut pun telah dilaporkan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon. Pihaknya pun, kata Pontonuwu, akan menyiapkan usulan formasi untuk memenuhi formasi yang telah tersedia tersebut.

“Kita akan menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat, apakah nanti akan ada kebijakan yang akan diatur oleh pemerintah pusat. Tapi kami juga akan menyiapkan usulan. Usulan kami adalah kami akan mengupayakan formasi yang sudah tersedia itu terpenuhi,” jelasnya.

Alasannya, lanjut Pontonuwu, sudah dianggarkannya gaji dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, serta juga sudah dianggarkannya kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan atau latihan dasar (latsar).

Dia menambahkan, pihaknya pun masih akan melakukan identifikasi terhadap hasil CAT tersebut, untuk mengetahui di formasi mana saja para peserta yang lulus dalam tes tersebut.

Diketahui, sebanyak 253 formasi CPNS tersedia di Kota Tomohon. Ratusan formasi tersebut pun terdiri 36 tenaga guru, 167 tenaga kesehatan dan 50 tenaga teknis.

 

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com