Connect with us

Zona Minsel

Masalosot, Karunia Alam Yang Menyembul Dari Dinding Batu

Published

on

zonautara.com

MINSEL, ZONAUTARA.com – Tebing batu sepanjang sekitar 20 meter itu membentang bagaikan sebuah benteng. Di atasnya tumbuh beberapa pohon. Tingginya dinding batu itu sekitar 10 meter.

Menuju dinding batu di desa Kumelembuai Satu, Kecamatan Kumelembuai, Minahasa Selatan ini, harus menuruni ratusan anak tangga dari beton yang sudah dibangun warga atas bantuan Pemerintah Provinsi Sulut.

Yang menjadikan dinding batu ini istimewa adalah, air yang menyembul dari sela-selanya dan tak pernah berhenti keluar.

“Warga sini menamainya Masalosot, dari bahasa etnis Tountemboan yang secara harfiah artinya air yang keluar dari bebatuan,” jelas Hukum Tua (kepala desa) Kumelembuai Satu, Vendry Mamangkey, saat Tim Zona Utara mendatangi desanya akhir pekan lalu.

Air yang keluar dari batu dengan volume yang cukup banyak itu, sangat jernih dan bersih dan terasa dingin. Udara di sekitar Masalosot pun terasa sejuk, sebab hutan di sekitarnya masih terjaga.

“Kami ingin memproteksi hutan kecil ini agar terus terjaga. Mungkin akan diusahakan semacam peraturan desa,” kata Mamangkey.

Masalosot terletak di sebelah Barat desa yang berhawa sejuk itu. Karena aliran airnya yang cukup banyak, warga di Kumelembuai Satu, menjadikannya sebagai tempat pemandian umum.

zonautara.com

Bocah di Kumelembuai Satu, Minahasa Selatan ini sedang memperhatikan air yang keluar dari batu Masalosot. (Foto: zonautara.com/Tonny Rarung)

Selain itu, sumber air dari mata air alam ini menjadi salah satu sumber utama air bersih di desa penghasil kopra ini.

“Sejauh yang kami tahu, air Masalosot tidak pernah berhenti mengalir sejak desa ini ada dari tahun 1772. Bahkan jika musim kemarau, alirannya menjadi lebih deras,” ujar Mamangkey dengan nada heran.

Karena kejernihan dan dianggap bersih, warga desa tak segan untuk meminum langsung air di Masalosot.

Ada bak penampungan yang sudah didirikan warga untuk menampung air yang keluar dari batu itu. Beberapa pipa juga dipasang serta jaringan pipa ke rumah penduduk desa yang membutuhkan air.

“Ya ini adalah karunia Tuhan yang kami harus jaga bersama,” kata Mamangkey.

 

Editor: Ronny Adolof Buol

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Minsel

GMIM Wilayah Amurang 3 gelar Pemilihan Remaja Teladan, ini hasilnya

Published

on

MINSEL, ZONAUTARA.com – Pemilihan Remaja Teladan (Retel) GMIM Wilayah Amurang 3 telah berakhir dengan digelarnya malam final pada Jumat (1/3/2019) minggu lalu.

Malam final itu digelar di GMIM Kanaan Pinaling Amurang yang diawali dengan ibadah yang dipimpin Ketua BPMJ Pdt Olga Manorek Pangkey MTh, yang juga dilanjutkan dengan pengutusan tim juri yang terdiri dari Pnt Steven Rondonuwu, Pnt Pricilia Tangel dan Christian.

Ketua KPRS GMIM Pnt Michaela Paruntu dalam sambutannya mengatakan, finalis remaja teladan diharapkan tetap menjadi teladan di manapun pergi dan berada.

“Sesungguhnya keteladanan itu bukan hanya saat mengikuti pemilihan seperti ini, tapi teladan itu tetap dibawa kemanapun kalian pergi dan berada,” tegas Ka Mikha, sapaan akrab Pnt Michaela.

Sementara itu Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Amurang 3 Pdt Stien Rondonuwu MTh, didampingi Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah (KPRW) Pnt Haris Sedua menyambut positif kegiatan ini.

“Kegiatan seperti ini harus ditopang karena sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak remaja,” tegas Pdt Stien.

Ketua Panitia Pemilihan Eva Aruperes menjelaskan sebanyak 72 peserta telah melalui serangkaian tes yang diawali dengan tes tertulis di GMIM Setia Kudus Pondang.

“Dari 72 peserta itu kemudian disaring menjadi 15 peserta putra dan 17 peserta putri untuk tes wawancara. Kemudian didapat 10 pasang peserta untuk karantina dan maju sebagai finalis Retel Wilayah Amurang 3 ini,” jelas Eva.

Akhirnya setelah melewati berbagai tahapan, terpilih Jeremi Lelemboto (Kanaan Pinaling) dan Fheronica Senduk (Kanaan Pinaling), sebagai Remaja Teladan.

Hasil Lengkap Retel Wilayah Amurang 3

Wakil 1 Putra Putri
Kristian Katihokang (SetiaKudus)
Fiorenza Kindangen (SetiaKudus)
Wakil 2 Putra Putri
Lukas Sinolungan (Makedonia Lopana)
Inka Supu (Betlehem Ranomea)
Harapan 1 Putra Putri
Koresy Ochotan (Makedonia Lopana)
Nadin Olii (Betlehem)
Harapan 2 Putra Putri
Josua Bujung (Koinonia)
Beauty Singal (Koinonia)
Harapan 3 Putra Putri
Karen Maraja (Koinonia)
Gabriella Mamesah (Makedonia Lopana)
Intelegensia Putra Putri
Natanael Buhang (SetiaKudus)
Angelina Umboh (Talitakum Pondang)
Persahabat Putra Putri
Reinhard Sunkudon (Makedonia Lopana)
Jessica Rumondor (Makedonia Lopana)
Berbakat Putra Putri
Fabian Polii (Koinonia)
Putri Soselisa (Kanaan pinaling)
Cinta Lingkungan Putra Putri
Anjelo Sigar (Koinonia)
Edelweis Tumbelaka (Betlehem)
Favorit Putra Putri
Karen Maraja (Koinonia)
Fiorenza Kindangen (SetiaKudus)

Continue Reading
Advertisement

Trending