Pasokan Listrik Putus, Layanan Telekomunikasi di Donggala Tak Beroperasi

zonautara.com

SULTENG, ZONAUTARA.com Gempa yang mengguncang Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), membuat jaringan telekomunikasi tidak dapat beroperasi. Pasalnya, pasokan listrik dari PLN terputus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, pemantauan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika hingga pukul 18.00 WIB, terdapat 276 base station (site 2G, 3G dan 4G) yang tidak bisa digunakan.

Menurut dia, operator telekomunikasi tengah berupaya memulihkan pasokan listrik dengan menggunakan Mobile Backup Power (MBP) dan menunggu pulihnya pasokan jaringan listrik dari PLN.

“Menteri Kominfo Rudiantara telah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya,” ujar Setu dalam keterangan resminya, Jumat (28/9/2018) malam.

Dia menjelaskan, Kementerian Kominfo dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengirimkan informasi gempa bumi melalui SMS ke pengguna ponsel di daerah Donggala dan sekitarnya pada hari Jumat sejak pukul 14.09 WIB. SMS Blast dikirimkan sebanyak 7 kali. Adapun SMS peringatan dini tsunami telah dikirim pada pukul 17.02 WIB

 

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.