bar-merah

Pasokan Listrik Putus, Layanan Telekomunikasi di Donggala Tak Beroperasi

zonautara.com
Rangkaian gempa bumi mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Puncaknya, gempa bermagnitudo 7,7 pada pukul 18.02 Wita. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa gempa pertama yang bermagnitudo 5,9 telah menyebabkan 1 orang tewas dan 10 orang luka-luka. Puluhan rumah rusak.(dok BNPB)

SULTENG, ZONAUTARA.com Gempa yang mengguncang Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), membuat jaringan telekomunikasi tidak dapat beroperasi. Pasalnya, pasokan listrik dari PLN terputus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, pemantauan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika hingga pukul 18.00 WIB, terdapat 276 base station (site 2G, 3G dan 4G) yang tidak bisa digunakan.

Menurut dia, operator telekomunikasi tengah berupaya memulihkan pasokan listrik dengan menggunakan Mobile Backup Power (MBP) dan menunggu pulihnya pasokan jaringan listrik dari PLN.

“Menteri Kominfo Rudiantara telah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya,” ujar Setu dalam keterangan resminya, Jumat (28/9/2018) malam.

Dia menjelaskan, Kementerian Kominfo dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengirimkan informasi gempa bumi melalui SMS ke pengguna ponsel di daerah Donggala dan sekitarnya pada hari Jumat sejak pukul 14.09 WIB. SMS Blast dikirimkan sebanyak 7 kali. Adapun SMS peringatan dini tsunami telah dikirim pada pukul 17.02 WIB

 

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com