Loading...
Copy

Kandouw: Sulut Aman, Jangan Percaya Isu Meresahkan

MANADO, ZONAUTARA.com Kabar tak sedap akhir-akhir ini beredar di Sulawesi Utara (Sulut). Bumi Nyiur Melambai ini disebut rawan mengalami bencana alam.

Isu yang mempengaruhi kunjungan wisatawan tersebut pun langsung ditepis oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, melalui Wakil Gubernur (Wagub) Steven O.E Kandouw.

Dia menegaskan, bahwa Sulut masih dalam kondisi aman dan kondusif. Hal tersebut ditegaskan Wagub Kandouw, di ruang kerjanya Selasa (9/10/2018).

“Kemarin memang sempat erupsi (Gunung Soputan), tapi tidak seberapa dan tidak ada pengungsian warga, apalagi korban jiwa. Jadi, Sulut masih sangat aman dan kondusif untuk warga dan wisatawan,” kata Kandouw.

Terkait sejumlah foto yang sempat menyebar yang menampilkan gambar letusan gunung yang dahsyat, yang setelah ditelusuri merupakan video dan foto letusan gunung merapi, serta isu miring bahwa Provinsi Sulut saat ini rawan gempa dan tsunami pun secara tegas dibantahnya.

“Sampai saat ini sekali lagi saya sampaikan Sulut aman, kami sudah berkoordinasi dengan pihak BMKG dan BPBD Sulut terkait hal ini dan sampai saat ini status gunung Soputan ada di level tiga, yang artinya masih dalam kondisi aman,” tegas Kandouw.

Dia menghimbau agar masyarakat Sulut tidak mudah percaya kepada isu-isu yang mengatakan, bahwa Sulut dalam keadaan rawan bencana atau darurat bencana.

“Saya mewakili Pak Gubernur mengimbau agar seluruh masyarakat Sulawesi Utara tidak mudah percaya kepada isu-isu yang mengatakan kita sedang dalam situasi rawan bencana, karena sampai saat ini semua masih aman dan kondusif,” imbaunya.

Dia menjelaskan, soal potensi bencana, setiap daerah di seluruh dunia berpotensi mengalami bencana.

“Kalau soal bencana, seluruh daerah di dunia berpotensi bencana, bukan hanya Sulut, jadi jangan percaya isu-isu meresahkan yang  mengatakan kita ini sedang rawan gempa atau semacamnya yang hanya ingin menakut-nakuti masyarakat saja, kecuali info resmi dari badan-badan yang berwenang,” tegas Wagub.

Pihaknya pun menyayangkan isu-isu miring tersebut. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) SUlut sedang gencar-gencarnya mempromosikan Sulut sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia dan isu-isu tersebut hanya membuat Sulut kehilangan wisatawan.

“Sangat disayangkan, ketika Pak Gubernur sedang gencar-gencarnya mempromosikan setiap potensi wisata di Sulut, ada orang yang suka menyebarkan kabar seperti itu, jangan percaya, tidak benar itu, Sulut tetap aman dan kondusif,” tandasnya.

 

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.