Siswa SMP Citra Kasih Kagumi Kawasan Pertanian Organik Kelompok Karioka

Penulis: Christo Senduk

MINUT, ZONAUTARA.com – Siswa dan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Citra Kasih Manado, mengunjungi kawasan biogas dan pertanian organik Kelompok Karioka, Desa Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), beberapa waktu lalu.

Para siswa dan guru yang dipimpin langsung Kepala Sekolah Mercy Moniung ini pun kagum dengan keberadaan kawasan yang para petaninya didampingi oleh Lembaga A’makalendong dan didukung oleh PT Tirta Investama Aqua Airmadidi ini.

Di mana, dalam kunjungan atau field trip tersebut, para siswa diajak untuk melihat, menilai dan menyimpulkan hasil pengamatannya di lapangan.

Para siswa pun mendapatkan penjelasan mengenai proses reaktor biogas dari kotoran babi dan pemanfaatanya untuk kompor dan lampu biogas, serta pupuk untuk tanaman.

“Dari pengamatan, mereka tertarik akan pengelolaan lingkungan seperti ini yang merupakan satu-satunya di Sulut. Ke depan pengembangannya ketika menjadi ekowisata akses jalannya harus di perlebar. Banyak pelajaran yang boleh kami petik di kawasan ini,” ujar Moniung.

Dalam kesempatan itu pun, para siswa dan guru turut melakukan penanaman tanaman kacang tanah yang dipandu Ketani Karioka Angki Sumual dan pendamping A’makalendong Herry Rumimper.

Di akhir kunjungan, para siswa dan guru pun mendapatkan cendramata, yaitu tanaman sledrey pot, krepek pisang goroho, pupuk kompos dan pupuk cair yang diserahkan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Tumaluntung Frangki Dotulong didampingi Kaur Pemerintah Desa Ronni Sigarlaki, serta Koordinator CSR Aqua Airmadidi Femy Luntungan.

Kunjungan para siswa SMP Citra Kasih ini pun disambut baik oleh Hukum Tua Desa Tumaluntung Ifonda Nusah yang sangat berkomitmen dalam perbaikan lingkungan alam di desa tersebut.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com