Connect with us

Zona Bitung

8 Juta Batang Rokok dan 26 Ribu Botol Miras Dimusnakan di Bitung

Published

on

zonautara.com

BITUNG, ZONAUTARA.com – Sejumlah 26.599 botol minuman keras (miras) dan 8.296.552 batang rokok ilegal, dimusnakan di Kantor Dirjen Bea dan Cukai Kota Bitung, Rabu (7/11/2018).

Adapun nilai barang ilegal yang dimusnahkan tersebut berkisar Rp 4.531.467 000, dengan nilai kerugian negara sekitar Rp 3.613.939.040, atas nilai pungutan cukai yang seharusnya dibayar.

Tindakan pemusnahan barang milik negara (BMN) ini, merupakan hasil penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Tioe Madya Pabean C Bitung (KPBBC TMP C)
.

Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri yang turut menghadiri pemusnahanan itu, sangat mengapresiasi tindakan Bea dan Cukai

“Selaku pemerintah Kota Bitung, kami sangat mengapresiasi kinerja terutama tindakan pemusnahan sejumlah barang ilegal yang sempat beredar,” ujar Mantiri.

Menurutnya, tindakan ini merupakan salah satu wujud dari kontribusi Bea dan Cukai, dalam membangun bangsa lewat pengamanan dan pemungutan penerimaan negara, melalui bidang ekspor impor.

Keberadaan Bea dan Cukai, sangatlah penting dalam membangun ekonomi secara umum di era globalisasi perdagangan dan investasi yang merubah sistem lalu lintas komoditas menjadi lebih bebas.

“Apalagi saat ini di ASEAN telah terbentuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuka perdagangan komoditas antar negara menjadi legih fleksibel dan bebas,” tutur Mantiri.

Mantiri menjelaskan bahwa untuk tiba pada proses pemusnahan ini, Bea dan Cukai Bitung telah bekerja dengan sangat baik sesuai dengan tahapan aturan yang berlaku.

Sebagaimana tercantum dalam peraturan Menteri Keuangan nomor 62/PMK.04/2011 tentang penyelesaian terhadap barang yang dinyatakan tidak dikuasai, barang yang dikuasai negara, dan barang yang menjadi milik negara.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Dirjen Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara Ferdinan Lengkong SH, Kepala Kantor PBBC TMP C kota Bitung Agung Riandar Kurnianto, Forkopimda Kota Bitung dan instansi terkait lainnya.

Editor: Ronny A. Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Bitung

Kota Bitung diterjang bajir bandang, dua kelurahan terdampak

Terlihat banyak pohon tumbang akibat tersapu banjir bandang tersebut.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Walikota Bitung Maximilian J Lomban meninjau daerah yang terdampak banjir bandang di Kelurahan Girian Bawah Kota Bitung.(Image: Alfry Lombontariang)

BITUNG, ZONAUTARA.com – Banjir  bandang  menerjang Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu dan Kelurahan Girian Weru Satu Kecamatan Girian di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (20/03/2020) dini hari.

Warga di dua kelurahan tersebut tak menyangka datangnya bencana karena peristiwa terjadi sekitar pukul 01.00 WITA kala banyak orang terlelap. Ketinggian air  ada yang mencapai sekitar  1,5 meter atau setinggi pundak orang dewasa.

Banjir bandang yang terjadi itu bermula dari curah hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur Kota Bitung, Kamis (19/03/2020) sekira pukul 23.45 WITA. Akibatnya, air kiriman dari Gunung Dua Sudara membuat sungai bir meluap, mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang air dan beberapa rumah bagian dapur hanyut terbawa air.

Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu yang dilaporkan terdampak di antaranya  2 unit  rumah, 1 unit  bangunan  Sekolah  Tinggi  Alkitab , 70 orang mahasiswa, 8 orang penduduk setempat. Para korban yang terdampak kini diungsikan  di bangunan GPDI  Imanuel  Duasudara.

Sedangkan di Kelurahan Girian Weru Satu Kecamatan Girian juga mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang dan beberapa rumah bagian dapur  hanyut terbawa air. Banyak warga yang berusaha menyelamatkan harta dan benda di rumah yang rata-rata masih tergenang air. Tercatat sekitar 10 keluarga yang terdampak banjir bandang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartawan Zona Utara di lapangan sekitar pukul 11.00 WITA, arus sungai masih deras. Terlihat banyak pohon tumbang akibat tersapu banjir bandang tersebut.

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com