Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Penghasil Ekonomi

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



MANADO, ZONAUTARA.com Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Konservasi dan Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE), serta Ditjen Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Bahowo, di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kamis (11/8/2018).

Kegiatan bertajuk ‘Let’s Sing and Beat Plastic Pollution’ ini pun dihadiri Anggota DPR RI dari Komisi VII Bara K. Hasibuan Walawengko.

Direktur Jenderal (Dirjen) PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk sosialisasi untuk mengurangi sampah plastik.

Menurut Ratnawati, kegiatan tersebut pun merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami dapat mengedukasi masyarakat agar dapat hidup bersih dan mendayagunakan sampah menjadi salah satu penghasil ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Hasibuan kembali menekankan, bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

zonautara.com
Sampah plastik yang berhasil diangkat oleh masyarakat di Pantai Bahowo. (Foto: zonautara.com)

Dia pun berharap, agar masyarakat semakin bijak dalam menggunakan plastik agar tidak berdampak pada lingkungan.

Kegiatan yang turut dihadiri Kepala Balai Taman Nasional Laut Bunaken Farianha Parbandari ini pun menghadirkan bintang tamu Bass Gilano, Stay Lin dan Lian Karabo.

Sejumlah pihak pun turut terlibat dalam kegiatan bersih-bersih di Pantai Bahowo yang merupakan wilayah dari Taman Nasional Bunaken, yakni personel TNI AL dari LANTAMAL VIII, Polsek Bunaken, Pemerintah Kecamatan Bunaken Barat, Kelurahan Tongkaina, Hukum Tua dan masyarakat Bahowo, serta Mahasiswa Universitas Katolik Dela Salle Manado.

Diketahui, berdasarkan data Indonesian Olefin, Aromatic and Plastic Industry Association (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memang merupakan negara penghasil plastik kedua terbesar di dunia.

Di mana, sampah plastik yang dihasilkan di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Bahkan, sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Tidak hanya itu, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan pun sekitar 10 miliar lembar per tahun atau 85.000 ton kantong plastik.

 

Penulis : Gita Waloni

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
4 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com