bar-merah

Perangkat Desa Talaitad Utara Ikut Pelatihan Penggunaan Platform Mata Desa

zonautara.com
Suasana pelatihan di Talaitad Utara. (Foto: zonautara.com/Garry Kaligis)

MINSEL, ZONAUTARA.com – Seluruh perangkat desa Talaitad Utara, Kecamatan Suluun Utara, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengikuti pelatihan penggunaan platform Mata Desa.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari penuh itu dilaksanakan di Kantor Hukum Tua Talaitad Utara pada Jumat (9/11/2018).

Mata Desa adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Zonautara.com sebagai media distribusi informasi perdesaan. Melalui aplikasi Mata Desa, warga desa tidak hanya menerima informasi tetapi juga bisa berkontribusi memberikan informasi.

Camat Suluun Tareran Veky Rondonuwu yang membuka kegiatan pelatihan itu menyatakan kebangaannya bahwa Talaitad Utara mampu menggelar pelatihan yang berbeda dari desa lain.

“Ini sudah era teknologi informasi. Internet sudah menjangkau hingga ke pelosok desa, sudah seharusnya pelatihan seperti ini dilakukan juga oleh desa-desa lainnya,” ujar Veky.

Atas nama Bupati Minsel Tetty Paruntu, Veky mengharapkan seluruh peserta pelatihan bisa menyerap pengetahuan yang didapat dan mengaplikasikannya.

“Agar supaya jika kami dan stakeholder lainnya ketika mencari informasi, bisa dengan segera tersedia,” tambah Veky.

Kepala Desa Talaitad Utara Nixon Rorong mengakui bahwa pelatihan seperti ini sangat penting bagi perangkat desanya.

“Teknologi informasi itu mempunyai dampak sangat baik bagi perkembangan desa. Apalagi Talaitad Utara menjadi desa percontohan dalam beberapa aspek pembangunan,” kata Nixon.

Menurut Nixon, Talitad Utara sudah sangat sering didatangi desa lainnya, bukan hanya desa yang ada di Minsel tetapi bahkan dari provinsi di luar Sulawesi untuk studi banding.

Dengan adanya pelatihan ini, Nixon berharap informasi dari Talaitad Utara semakin tersebar luas.

Sementara itu Sekretaris Desa Talaitad Utara Orges Yandry Runtuwene menjelaskan bahwa pelatihan ini juga merupakan bagian dari Pelatihan Teknologi Tepat Guna Pengembangan dan Pemanfaatan Internet untuk Informasi Desa.

“Seluruh anggarannya diambil dari dana desa dan dikelola secara transpran, sehingag diharapkan hasilnya membawa manfaat yang besar bagi perkembangan desa,” jelas Orges.

MATA DESA

Mata Desa sendiri dikembangkan oleh tim Zonautara.com usai meraih penghargaan special mention dalam ajang Jakarta Editor Labs 2018 yang digelar di Jakarta pada Maret 2018 lalu.

Awalnya Mata Desa dibuat untuk pendidikan politik warga desa menghadapi Pemilu 2019. Dalam perkembangannya tim Zona Utara juga mengimplementasikan aplikasi Mata Desa menjadi platform jurnalisme warga bagi warga desa.

Implementasi awal Mata Desa diterapkan di Kabupaten Minahasa Selatan. Melalui sosialisasi dan kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Minsel, Mata Desa telah menjangkau 46 desa di Minsel.

Pelatihan di Talaitad Utara merupakan bagian dari proses implementasi Mata Desa. Pelatihan-pelatihan serupa akan terus dilaksanakan dalam bulan November hingga Desember di desa-desa lainnya yang telah menyatakan kesediaan bekerjasama dengan Zonautara.com.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan d Talaitad Utara, tampil sebagai pemateri yakni Suhandri Lariwu dan Ronny Buol. Baik Suhandri dan Ronny merupakan anggota tim Zonautara.com yang ikut dalam Jakarta Editor Lab lalu. Satu anggota lainnya, Rahadih Gedoan berhalangan hadir.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com