Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

HEADLINE

Memotret keberagaman, menepis eksklusifitas

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Sulawesi Utara sering mendapat julukan sebagai laboratorium toleransi. Ini semata karena kehidupan antar golongan di provinsi ini terus jaga.

Keharmonisan hidup berdampingan adalah nilai-nilai sosial yang menjadi modal bagi pembangunan di Sulut. Konflik silang pendapat yang mengatasnamakan SARA selalu terselesaikan.

Orang Sulut, termasuk Kota Manado menjunjung tinggi keberagaman. Hidup berbeda pendapat, keyakinan, sikap politik adalah lumrah di Manado.

Bahkan jamak dijumpai, dalam satu keluarga anggotanya terdiri dari berbagai macam agama dan aliran kepercayaan. Tak saling menjelekkan. Bahkan saling membantu dan bersilahturahmi.

DW Akademie dan Foreign Office of Federal Republic of Germany yang bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen akhir Oktober lalu menyelenggarakan Interfaith Training: An inter-religious dialogue for Indonesian journalists.

Sebanyak 20 jurnalis dari berbagai platform media di Sulut diundang dalam pelatihan itu. Usai tiga hari pelatihan, ada 10 jurnalis yang dipilih melakukan liputan sesuai dengan topik yang diusulkan.

Jurnalis zonautara.com termasuk salah satu yang usulan liputannya dibiayai dari fellowship tersebut.

Mengambil topik soal eksistensi siswa beragama Islam di persekolahan Kristen di Manado, liputan dilakukan dalam seminggu terakhir.

Hasil reportasenya bisa dibaca dalam rubrik INSIGHT.

Klik image ini untuk membaca reportasenya

HEADLINE

Jelang 22 Mei, Amien Rais dipanggil polisi

Dia diperiksa sebagai saksi Eggi Sudjana dengan tuduhan makar.

Published

on

Amien Rais (Foto: Reuters)

ZONAUTARA.com – Polisi mengagendakan pemanggilan terhadap Amien Rais. Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional itu dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, hari ini Senin (20/5/2019).

Pemeriksaan terhadap Amien Rais sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana yang telah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka, Selasa (14/5) dalam dugaan makar.

Eggi sebelumnya dilaporkan oleh politisi PDI Perjuangan Dewi Tanjung karena dianggap menyerukan people power bagi pendukung Prabowo-Sandiaga untuk menolak hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Juru Bicara Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa semua kemungkinan bisa terjadi, saat menjawab pertanyaan wartawan apakah Amien Rais bisa menjadi tersangka.

Sebelum memanggil Amien Rais, polisi juga telah memeriksa Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen yang juga diperiksa sebagai saksi Eggi.

Jelang pengumuman hasil Pemilihan Presiden oleh KPU pada Rabu, 22 Mei nanti, tensi politik dan keamanan meningkat. Masyarakat berharap proses demokrasi tidak rusak hanya karena ada kelompok yang tidak puas.

Baik penyelenggara pemilu maupun pemerintah, menghimbau pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu bisa menempuh langkah hukum sesuai dengan undang-undang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending