bar-merah

Ponsel seharga Rp 99 ribu, Serius? iya, produk Google

zonautara.com
Whizphone

ZONAUTARA.com – Setengah tak percaya, namun kabar itu disampaikan langsung oleh Vice President Engineering Google Assistant, Scott Huffman dalam sesi keynote Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12/2018) sore tadi.

Pada kesempatan itu, Scoot memamerkan feature phone (dengan kemampuan terbatas) yang sudah dipasangi teknologi kecerdasan buatan Google Assistant secara built-in.

“Kami sangat senang memperkenalkan Wizphone, feature phone dengan Google Assistant built-in, dengan sistem operasi KaiOS”, papar Scott, seraya menunjukkan wujud Wizphone, sebagaimana dikutip dari Kompas.com

KaiOS sendiri adalah sistem operasi ponsel fitur di mana Google berinvestasi sebesar Rp 314 miliar pada Juni 2018 lalu.

Wizphone dijelaskan akan tersedia di Alfamart, dan hanya dibanderol dengan harga Rp 99.000 saja. Scoot belum merinci kapan telepon murah namun punya teknologi terkini itu tersedia di jaringan Alfamart.

Ponsel yang masuk jajaran ponsel pintar ini menyediakan tombol khusus untuk akses ke Google Assistant. Tombol itu ada di bagian tengah bawah layar, dengan ikon speaker. Dengan menekan tombol ini agak lama, maka Google Assistant akan muncul di layar.

Sebagaimana diketahui Google sedang mempromosikan penggunaan Google Assistant sebagai kecerdasan buatan yang mampu membantu pengguna memerintah ponsel dengan suaranya.

Pengguna Wizphone dapat meminta ponselnya mengirim pesan, memutar video, atau melakukan panggilan hanya dengan perintah suara.

Wizphone yang dikategorikan sebagai feature phone ini punya tombol fisik keyboard T9. Walau terlihat sederhana, namun Wizphone mampu memutar video dari Youtube, membuka Google atau Twitter.

Scoot menyebutkan bahwa nantinya Wizphone akan tersedia di suluruh wilayah Indonesia.

“Dengan begitu akan lebih banyak engagement (Google Assistant di Indonesia)” jelas Scott.

Ponsel Wizphone sendiri diproduksi secara lokal oleh PT Wiz Indonesia Nirwana. Google tidak menjelaskan secara detail soal kerja sama pembuatan Wizphone dengan PT Wiz Indonesia Nirwana.

Bersiaplah menyerbu Alfamart untuk mendapatkan ponsel murah meriah namun dilengkapi teknologi terkini dari Google.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com