Connect with us

ZONA TERKINI

Hari ini, FGD soal Media, Keragaman dan Tahun Politik 2019

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Gerakan Cinta Damai Sulut (GCDS) bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado bakal menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (13/12/2018).

FGD yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Keragaman 2018 ini bakal dilaksanakan di Kantor DPD RI Perwakilan Sulut.

“FGD dimulai pukul 14.00 Wita dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang terkait dengan tema yang diangkat,” ungkap Sekretaris GCDS, Linda Setiawati.

Linda mengatakan, FGD ini dilaksanakan untuk menggali kembali nilai-nilai pluralisme, merawatnya, termasuk harapan terhadap pemberitaan media yang dikaitkan dengan momentum politik di tahun 2019.

“Intinya kami mengajak semua pihak untuk tetap menjaga semangat kebhinekaan agar tidak dipolitisasi,” ujar Linda.

Sejumlah pembicara yang bakal hadir dalam FGD ini yakni, Komisioner Bawaslu Manado, Taufiek Bilfaqih, akademisi UKIT, Dr Denni HR Pinontoan MTh, Ketua AJI Manado, Yinthze Gunde dan unsur politisi.

Dia mengatakan, FGD ini juga merupakan rangkaian dari Festival Keragaman 2018 yang puncaknya akan dilaksanakan di kawasan Megamas Manado pada, Sabtu (15/12/2018) pagi.

“Ada pentas budaya dan orasi kebangsaan di agenda Sabtu nanti,” pungkas Linda.

Editor : Christo Senduk

Bencana dan Musibah

Hingga Jumat, guguran lava terus terjadi dari kawah Karangetang

Hingga kini warga masih beraktifitas seperti biasanya.

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Guguran lava masih terus meluncur dari kawah gunung api Karangetang di pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat jarak luncuran lava sejauh 1.000 sampai 1.500 meter pada Jumat (16/8/2019).

Guguran lava itu mengarah ke sungai Sense dan ke sungai Nanitu serta sungai Pangi lebih kurang 1.000 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang di Siau juga mengamati munculnya sinar api setinggi lebih kurang 25 meter.

Dua kawah Gunung Karangetang juga mengeluarkan asap. Asap bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 150 meter di atas puncak kawah utama.

Dari kawah dua, muncul asap dua putih tipis tinggi lebih kurang 50 meter. Tingkat aktivitas Gunung Karangetang masih pada level III atau siaga.

Petugas Pos Pengamatan Gunung api Karangetang, Didi Wahyudi P Bina meminta, warga dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekat, juga tidak melakukan pendakian serta beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua dan kawah utama. Serta area perluasan sektoral dari kawah dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 kilometer, yaitu wilayah yang berada di antara Sungai Batuare dan Sungai Saboang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com