6 Kecamatan terdampak letusan gunung api Soputan

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



MINAHASA TENGGARA, ZONAUTARA.com – Sebanyak enam kecamatan di Minahasa Tenggara terdampak letusan gunung api Soputan. Tiga dari enam kecamatan itu terdampak cukup parah, yakini Tombatu Utara, Tombatu Timur dan Pasan.

Di desa Liwutang, kecamatan Pasan, debu menutupi permukaan jalan dan tumbuhan. Debu juga terlihat jatuh di atap rumah warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara telah turun membagikan masker kepada warga. Sebanyak 20 ribu masker sudah dibagikan hingga Minggu (16/12/2018) sore.

Jumlah jiwa di enam kecamatan terdampak itu sebanyak 54 ribu. Masih terdapat kekurangan masker.

Soputan erupsi sejak Minggu subuh dan kolom abu vulkanik terus teramati hingga malam hari. Dari Pos Pengamatan Gunung Api Soputan di Silian terlihat api keluar dari kawah Soputan.

Sejauh ini belum ada laporan tentang korban jiwa.

“Warga dihimbau untuk tidak beraktifitas di dalam radius 4 kilometer dari kawah,” ujar Kepala Pos Pengamatan Asep Syaifullah.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com