Connect with us

ZONA DAERAH

Kejari Tomohon koordinasikan pengawasan aliran kepercayaan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com –Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (Pakem), di aula JMS-Emas, Selasa (18/12/2018).

Kepala Kejari (Kajari) Tomohon Edy Winarko melalui Kepala Seksi (Kasi) IntelijenWilke H Rabeta mengatakan, sebagaimana dalam Undang-Undang (UU) RI Nomor 16tahun 2004 tentang Kejaksaan RI, disebutkan, bahwa kejaksaan turut  dalam bidang ketertiban dan ketenteraman umum.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan, yakni pengawasanaliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara, pencegahan penyalahgunaan dan/atau penodaan agama.

Dia menjelaskan, menindaklanjuti hal tersebut, tanggal 25 September 2015 Jaksa Agung menerbitkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor:KEP-146/A/JA/09/ tentang pembentukan Tim Koordinasi Pakem.

Hal itu pun juga dilakukan karena semakin meningkat dan berkembangnya kehidupan beragama serta kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esasaat ini, sehingga Kejaksaan RI harus melakukan pengawasan secara intensif dan persuasif.

“Dalam melaksanakan kegiatan Pakem, Kejaksaan tidak bergeraksendiri, melainkan dengan melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkaitlainnya, seperti di Kota Tomohon, misalnya harus ada koordinasi dengan pihakpemerintah daerah, yakni Kodim 1302/Minahasa, Polres Tomohon, Kementerian Agama Kota Tomohon, dan Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Tomohon (FKUB),” ujarnya.

Sejumlah masukan terkait pengawasan aliran kepercayaan dan keagamaan pundihasilkan dalam rakor tersebut. Di antaranya, Tim Pakem akan melakukan sejumlah tindakan-tindakan preventif dan represif.

Di mana, tindakan preventif yang akan dilakukan Tim Pakem adalah,jika terindikasi terdapat aliran kepercayaan yang menyimpang, akan dilakukantelaah terhadap aliran tersebut. Kemudian, Tim Pakem akan turun langsung dengan melakukan penyuluhan.

Sementara untuk tindakan represif, selain tindakan yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian, Tim Pakem pun akan melakukan tindakan administratifhingga pada pembubaran.

Sselain pemaparan dari Kejari Tomohon, sejumlah narasumber tampil membawakan materi, yakni Kasat Intelkam Polres Tomohon AKP Sony Tandisaudan perwakilan Dandim 1302/Minahasa.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tomohon bersama jajaran, Camat Tomohon Selatan, serta sejumlahLurah.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Basarnas Manado gelar upacara HUT ke-74 RI

Published

on

Upacara bendera di kantor SAR Manado. (Foto: Humas SAR Manado)

MINUT, ZONAUTARA.comPeringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) digelar berbagai pihak dengan Upacara Bendera, Sabtu (17/8/2019).

Salah satunya Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado atau Basarnas di halaman kantor SAR Manado, Kaasar, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado Gede Darmada memimpin langsung upacara yang dihadiri seluruh pegawai kantor SAR Manado bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP).

Dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Dia mengatakan, seluruh aparatur untuk mempertahankan kinerja yang profesional, melaksanakan respon time yang telah ditetapkan, maksimalkan publikasi dan pembinaan terhadap organisasi-organisasi potensi SAR, seperti para relawan, pencinta alam, organisasi mahasiswa dan organisasi masyarakat lainnya, dengan tetap bersinergi terhadap stake holder terkait.

“Terus bekerja, menuju Basarnas unggul, menuju Indonesia unggul,” ujarnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan keakraban berupa lomba-lomba yang telah diselenggarakan sejak beberapa hari yang lalu.

DWP dan anak-anak juga turut memeriahkan dengan ikut serta dalam perlombaan, seperti balap karung, balap kelereng, merias dengan mata tertutup, makan kerupuk dan aneka lomba lainnya.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com