Istri Jurnalis AJI Palu Bagi Bantuan

  • Share
zonautara.com
Foto: Kabar Sulteng Bangkit

DONGGALA – Jurnalis perempuan dan istri jurnalis anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu membagikan bantuan ke warga Desa Toaya Vunte, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggal, Jumat pagi 21 Desember 2018.

Para istri jurnalis itu membagikan sembako dan perlengkapan bayi kepada warga. Mereka juga memberikan sejumlah alat tulis dan menggambar untuk anak-anak pengungsi.

Desa Toaya Vunta menjadi salah satu daerah yang terdampak langsung tsunami. Tercatat saat ini, ada 102 keluarga yang menetap di tenda pengungsian di Dusun Tiga Buntina ini.

Salah satu jurnalis AJI Palu, Sarifah Latowa, mengatakan, mereka memilih desa tersebut karena telah satu bulan lebih belum mendapatkan bantuan.

Sebelumnya mereka mengetahui kondisi desa Toaya Vunta dari Facebook lalu berinisiatif menggalang donasi selama satu pekan.

“Awalnya kami belum punya tujuan mau diberikan kemana bantuan ini. Jadi kami pilih Toaya Vunta karena kabarnya masih minim bantuan,” kata Sarifah, salah satu Jurnalis Perempuan yang ikut memberikan donasi.

Saat di lokasi pengungsian, istri jurnalis itu juga prihatin karena beberapa anak di posko pengungsian telah terserang penyakit demam berdarah dan pernah dirawat di rumah sakit. “Semoga ini tidak terjadi lagi,” dia menambahkan.

Buyung, selaku koordinator pengungsian Desa Toaya Vunta, mengatakan,awalnya jumlah pengungsi di posko tersebut berjumlah 129 Kepala Keluarga atau 589 jiwa sebelum berkurang menjadi 102 keluarga. “sangat berdesakan, malah dalam satu tenda itu terhimpun 12 keluarga” lanjutnya.

Saat ini, pengungsi keluarga nelayan itu masih membutuhkan bantuan lain seperti tenda, kelambu, dan perlengkapan masak.

Penulis: Muhammad Faiz
Editor: Ika Ningtyas



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com