bar-merah

Mengingat jejak bencana dengan foto dan arsip

zonautara.com
Foto: Kabar Sulteng Bangkit

PALU – Sebanyak 40 foto berjejer melingkari sudut pameran. Lembaran kliping dan dokumen-dokumen berusia tua tersusun rapi di atas meja.

Puluhan foto itu hasil bidikan para jurnalis dan fotografer asal Sulawesi Tengah, Basri Marzuki (LKBN Antara), Ruslan Sangadji (The Jakarta Post) dan Zainal Ishaq (Pasific Press).

Foto-foto itu diambil dalam rentang tiga bulan, saat Kota Palu berada dalam masa darurat setelah bencana hingga kemudian memasuki masa pemulihan. Jejeran foto ini ibarat menggambarkan garis waktu bencana kelam yang terjadi 28 September lalu.

Pameran foto itu berada di antara diskusi yang dihelat Kabar Sulteng Bangkit di sekretariat AJI Kota Palu, Jum’at (28/12).

Selain foto, ada pula arsip-arsip berusia satu abad mengenai kebencanaan di Kota Palu. Meski lembaran arsip ini telah usang dimakan usia, namun isi dari arsip tersebut masih dapat dibaca dan isinya relevan hingga sekarang.

Kebanyakan arsip-arsip ini berbentuk surat kabar. Surat kabar yang diterbitkan di zaman penjajahan kolonial Belanda maupun saat Indonesia telah merdeka. Surat kabar tersebut memberitakan kejadian bencana alam yang saat itu terjadi di Sulawesi Tengah.

Seluruh arsip ini merupakan koleksi dari Komunitas Historia Sulawesi Tengah (KHST) yang dikumpulkan dari hasil penelusuran para pecinta sejarah di Bumi Tadulako.

Jefrianto, salah seorang penggagas Komunitas Historia Sulawesi Tengah (KHST), mengungkapkan bahwa koleksi arsip dan dokumentasi kebencanaan yang dimiliki oleh KHST sebenarnya cukup banyak.

Koleksi arsip itu merekam kebencanaan gempa dan tsunami pada tahun 1907 hingga 1968. Arsip-arsip surat kabar zaman penjajahan kolonial Belanda dan foto-foto Kota Palu pada zaman dahulu pun dikoleksi oleh KHST.

“Koleksi-koleksi milik KHST ini kemudian diserahkan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palu,” ucap Jefri.

Komunitas Historia Sulawesi Tengah berdiri sejak tahun 2014 atas inisiatif beberapa orang yang memiliki ketertarikan dengan sejarah di Sulawesi Tengah dan ingin dibahas secara serius.

Sebagai masyarakat yang cinta akan sejarah, mereka yang tergabung dalam komunitas itu tergerak hatinya untuk melindungi aset-aset sejarah dan ingin memberi edukasi sejarah kepada masyarakat.

Sebelum terjadinya bencana pada 28 September lalu, KHST aktif membahas hal-hal yang berkaitan dengan sejarah kebencanaan di Sulawesi Tengah, termasuk membahas tentang penamaan daerah-daerah tertentu.

Contohnya daerah Kaombona yang berada di belakang area Polsek Palu Timur dan foto tua tentang Dermaga Limbuo Talise yang kembali muncul pasca bencana sebagai bekas dampak bencana gempa dan tsunami yang terjadi pada tahun 1938.

Jefri berharap adanya pameran foto dan arsip yang diselenggarakan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat akan adanya potensi bencana di Kota Palu yang suatu saat masih bisa datang kembali.

Menurut Jefri, ingatan masyarakat tentang bencana terputus pasca gempa 2005. Saat itu muncul wacana bahwa Kota Palu tidak akan kena tsunami karena wilayahnya berupa teluk.

“Ini yang membuat kita lupa dengan sejarah bahwa sebelum tahun 2005, Palu dan sekitarnya pernah mendapat bencana besar yang serupa. Kesadaran masyarakat harus dibangun kembali bahwa Kota Palu pernah pernah mendapat bencana sehingga harus merencanakan mitigasi yang lebih baik,” kata Jefri.

Sejumlah pengunjung pun antusias melihat pajangan foto dan arsip-arsip kebencanaan di lokasi pameran tersebut. Salah satunya Riski. Mahasiswa di Universitas Tadulako itu mengaku sangat tertarik dengan foto-foto yang diambil oleh para jurnalis.

“Harapnya bisa dibuat lagi pameran-pameran seperti ini supaya menjadi sejarah penting tentang bencana alam di Palu, biar tidak putus di kita saja,” harapnya.

Reporter: Zulrafli Aditya
Editor: Ika Ningtya
s



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com