Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

HEADLINE

Kecepatan internet hingga ke Talaud diklaim bisa capai 40 Mbps

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Jaringan internet dalam Proyek Palapa Ring Paket Tengah telah selesai dikerjakan oleh pemerintah pada Desember 2018.

Infrastruktur internet ini menghubungkan wilayah-wilayah di Indonesia bagian tengah dengan konektivitas internet berkecepatan tinggi.

Kini warga di pulau-pulau siap menikmati koneksi internet berkecepatan tinggi, termasuk warga di Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe hingga ke Kabupaten Talaud.

Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Bambang Noegroho, mengklaim kecepatan internet ini bica mencapai 40 Mbps.

Angka kecepatan itu diperoleh saat uji coba menggunakan aplikasi Speedtest di Terminal Station Morotai, Maluku Utara.

“Kecepatan internet pada saat speedtest bisa mencapai 40 Mbps untuk unduh (download), sedangkan untuk unggah (upload) mencapai 7 Mbps. Hal ini seharusnya dimanfaatkan operator agar masyarakat mendapatkan manfaat lebih besar,” ungkap Bambang lewat pernyataan resminya kepada KompasTekno, Kamis (3/1/2019).

Pemerintah membangun jaringan kabel serat optik bawah laut hingga ke Talaud dengan tujuan membuka akses telekomunikasi dan internet yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Ujicoba juga dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di Desa Muhajirin Baru, Morotai pada Rabu kemarin.

Rudiantara melakukan video call dengan Menteri Desa, Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta.

“Bisa dibayangkan ke depan, seorang Menteri Desa dapat berhubungan langsung dengan tiga kepala desa sekaligus dari 75.000 kepala desa hanya dengan menggunakan ponsel saja. Inilah bentuk cepatnya perkembangan teknologi yang kita bisa manfaatkan untuk bangsa ini,” tuturnya.

Kini jaringan internet berkecepatan tinggi ini ditawarkan pemerintah ke operator yang akan menjual jasanya ke masyarakat.

Proyek Palapa Ring Paket Tengah telah merampungkan jaringan kabel serat optik sepanjang 2.995 kilometer yang melintasi jalur bebas gempa di wilayah provinsi Kalimantan Timur, sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara.

Proyek infrastruktur senilai Rp 1,38 trilliun ini dikerjakan oleh PT LEN Telekomunikasi Indonesia yang memungkinkan masyarakat di kepulauan mengakses jaringan 4G hingga 30 Mbps.

Editor: Ronny Adolof Buol

HEADLINE

Jelang 22 Mei, Amien Rais dipanggil polisi

Dia diperiksa sebagai saksi Eggi Sudjana dengan tuduhan makar.

Published

on

Amien Rais (Foto: Reuters)

ZONAUTARA.com – Polisi mengagendakan pemanggilan terhadap Amien Rais. Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional itu dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, hari ini Senin (20/5/2019).

Pemeriksaan terhadap Amien Rais sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana yang telah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka, Selasa (14/5) dalam dugaan makar.

Eggi sebelumnya dilaporkan oleh politisi PDI Perjuangan Dewi Tanjung karena dianggap menyerukan people power bagi pendukung Prabowo-Sandiaga untuk menolak hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Juru Bicara Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa semua kemungkinan bisa terjadi, saat menjawab pertanyaan wartawan apakah Amien Rais bisa menjadi tersangka.

Sebelum memanggil Amien Rais, polisi juga telah memeriksa Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen yang juga diperiksa sebagai saksi Eggi.

Jelang pengumuman hasil Pemilihan Presiden oleh KPU pada Rabu, 22 Mei nanti, tensi politik dan keamanan meningkat. Masyarakat berharap proses demokrasi tidak rusak hanya karena ada kelompok yang tidak puas.

Baik penyelenggara pemilu maupun pemerintah, menghimbau pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu bisa menempuh langkah hukum sesuai dengan undang-undang.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending