Tanggul di Teluk Palu dibangun tahun ini

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Foto: Kabar Sulteng Bangkit



PALU – Pemulihan pesisir Teluk Palu mulai dilakukan tahun ini. Salah satunya adalah membangun tanggul sepanjang 7,5 kilometer, mulai Kelurahan Silae sampai Jalan Penggaraman. Pekerjaan proyek ini ditarget selesai dalam satu tahun.

Kepala Satgas Bidang Infrastruktur Kementerian PUPR Arie Setiadi, memaparkan rencana tersebut di depan Gubernur SulawesI Tengah dan dinas terkait, Rabu, 2 Januari 2019, di ruang kerja Gubernur Sulawesi Tengah.

Beberapa hal yang dibahas antara lain tentang desain tanggul penahan air di sepanjang bibir pantai Talise yang terdampak tsunami, 28 September 2018.

Pertemuan di ruang kerja gubernur pagi itu, turut dihadiri Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Dr. Ir. B. Elim Somba, M.Sc, Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Ir. Syaifullah Djafar, M.Si, Kadid Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Ir. Imam Al Gazali, MT, Karo Humas dan Protokol Drs. Moh. Haris dan Sekretaris Dinas Cipta Karya.

Secara garis besar, Ari menjelaskan, bahwa tanggul penahan yang dipersiapkan tersusun dari tumpukan material bebatuan yang ketinggiannya sama dengan muka air tertinggi saat pasang terjadi yaitu lebih kurang 3 meter. Selain itu pada tanggul juga dilapisi bahan biosintetik yang kedap air.

Tanggul tersebut bukan satu-satunya. Sebab Kementerian PUPR akan membuat tanggul lanjutan penahan tsunami apabila desainnya telah disetujui oleh pemerintah pusat.

Reporter : Pataruddin
Editor: Ika Ningtyas



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
1 Comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com