bar-merah

Waspadai 6 tanda ini, mungkin anda mengalami Kanker

icon0.com at Pexels

ZONAUTARA.comKanker adalah kata yang menakutkan yang tak seorang pun senang mendengarnya, tetapi kenyataannya adalah semakin cepat didiagnosis, semakin cepat pula pengobatan dapat dimulai dan hidup Anda dapat kembali normal.

Mengetahui fakta dan memahami gejalanya adalah cara yang baik untuk memastikan jika ada sesuatu yang tidak beres. Berikut adalah enam tanda bahwa Anda mungkin menderita kanker.

  1. Penurunan berat badan yang tidak disengaja

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda kehilangan 4 Kg dalam beberapa minggu terakhir tanpa ada perubahan pada pola makan atau olahraga Anda, segera pergi dan tanyakan kepada dokter setempat. Itu bisa menjadi pertanda kalau Anda mengidap kanker. Kecuali jika anda secara aktif berusaha menurunkan berat badan.

2. Perubahan pada kulit Anda

Penting untuk memperhatikan kondisi kulit Anda yang sebenarnya, bukan hanya pada tahi lalat dan bintik-bintik yang Anda miliki. Ada kulit yang berubah menguning, memerah atau lebih gelap bisa menjadi tanda sesuatu yang menyeramkan. Ini juga bisa menjadi gejala masalah kulit yang bersembunyi di bawahnya. Walau tidak selalu bersifat kanker tetapi akan lebih baik untuk memeriksa ke dengan dokter.

3. Nyeri hebat

Tergantung pada jenis kankernya, Anda mungkin mengalami periode nyeri yang berkepanjangan di area yang terkena kanker. Seperti kanker tulang, otak dan ovarium cenderung untuk pertama kali diperhatikan karena rasa sakit yang terkait dengannya. Namun, banyak kanker juga tidak didahului rasa sakit sama sekali.

Miguel Á. Padriñán at Pexels

4. Luka yang tidak sembuh

Dari radang mulut yang belum sembuh hingga keropeng yang terlalu lama hilang, bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi secara normal, atau ada jenis kanker (luar dan dalam mulut) yang muncul di permukaan.

5. Pendarahan tanpa sebab

Jika batuk Anda di pagi hari mulai berdarah atau keputihan, sehingga Anda merasa tidak begitu normal lagi, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda perlu ke dokter sesegera mungkin. Paru-paru seperti kanker dapat membutuhkan waktu cukup lama untuk berkembang dan memperlihatkan efek fisiknya. Jadi jika Anda melihat perubahan dalam tubuh Anda, segera konsultasikan dengan profesional.

6. Perubahan buang air besar

Pada dasarnya, kotoran dari buang air besar semua orang berubah tergantung pada makanan apa yang baru-baru ini mereka nikmati, jika Anda melihat hal-hal berubah secara relatif cepat atau berubah dari padat menjadi cair atau mulai terasa sakit maka itu mungkin merupakan tanda bahwa usus Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Penting untuk diingat bahwa waspada dan memperhatikan perubahan sangat penting. Banyak dari gejala dan tanda ini dapat juga dikaitkan dengan penyakit lain sehingga sebelum langsung mengambil kesimpulan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan cari tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh anda.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com