Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONAPEDIA

Waspadai 6 tanda ini, mungkin anda mengalami Kanker

Published

on

ZONAUTARA.comKanker adalah kata yang menakutkan yang tak seorang pun senang mendengarnya, tetapi kenyataannya adalah semakin cepat didiagnosis, semakin cepat pula pengobatan dapat dimulai dan hidup Anda dapat kembali normal.

Mengetahui fakta dan memahami gejalanya adalah cara yang baik untuk memastikan jika ada sesuatu yang tidak beres. Berikut adalah enam tanda bahwa Anda mungkin menderita kanker.

  1. Penurunan berat badan yang tidak disengaja

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda kehilangan 4 Kg dalam beberapa minggu terakhir tanpa ada perubahan pada pola makan atau olahraga Anda, segera pergi dan tanyakan kepada dokter setempat. Itu bisa menjadi pertanda kalau Anda mengidap kanker. Kecuali jika anda secara aktif berusaha menurunkan berat badan.

2. Perubahan pada kulit Anda

Penting untuk memperhatikan kondisi kulit Anda yang sebenarnya, bukan hanya pada tahi lalat dan bintik-bintik yang Anda miliki. Ada kulit yang berubah menguning, memerah atau lebih gelap bisa menjadi tanda sesuatu yang menyeramkan. Ini juga bisa menjadi gejala masalah kulit yang bersembunyi di bawahnya. Walau tidak selalu bersifat kanker tetapi akan lebih baik untuk memeriksa ke dengan dokter.

3. Nyeri hebat

Tergantung pada jenis kankernya, Anda mungkin mengalami periode nyeri yang berkepanjangan di area yang terkena kanker. Seperti kanker tulang, otak dan ovarium cenderung untuk pertama kali diperhatikan karena rasa sakit yang terkait dengannya. Namun, banyak kanker juga tidak didahului rasa sakit sama sekali.

Miguel Á. Padriñán at Pexels

4. Luka yang tidak sembuh

Dari radang mulut yang belum sembuh hingga keropeng yang terlalu lama hilang, bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi secara normal, atau ada jenis kanker (luar dan dalam mulut) yang muncul di permukaan.

5. Pendarahan tanpa sebab

Jika batuk Anda di pagi hari mulai berdarah atau keputihan, sehingga Anda merasa tidak begitu normal lagi, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda perlu ke dokter sesegera mungkin. Paru-paru seperti kanker dapat membutuhkan waktu cukup lama untuk berkembang dan memperlihatkan efek fisiknya. Jadi jika Anda melihat perubahan dalam tubuh Anda, segera konsultasikan dengan profesional.

6. Perubahan buang air besar

Pada dasarnya, kotoran dari buang air besar semua orang berubah tergantung pada makanan apa yang baru-baru ini mereka nikmati, jika Anda melihat hal-hal berubah secara relatif cepat atau berubah dari padat menjadi cair atau mulai terasa sakit maka itu mungkin merupakan tanda bahwa usus Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Penting untuk diingat bahwa waspada dan memperhatikan perubahan sangat penting. Banyak dari gejala dan tanda ini dapat juga dikaitkan dengan penyakit lain sehingga sebelum langsung mengambil kesimpulan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan cari tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh anda.

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Saat hewan langka menyanyikan lagu menyayat hati

Tonton film 3D yang menguggah ini.

Published

on

Imaji: Zombie Studio

ZONAUTARA.com – Bagi anda yang sudah menonton film Les Misérables, pasti akan terkenang dengan salah satu soundtracknya “I Dreamed A Dream”.

Mari kita bayangkan jika lirik lagu itu dinyanyikan oleh hewan terancam punah di dunia. Bisakah anda menggambarkannya dalam imajinasi?

Zombie Studio mencoba merekonstruksi imaji itu dalam sebuah film tiga dimensi dengan menggambarkan species terancam punah menyanyikan lagu itu.

Mereka tidak pernah bermimpi bahwa dunia mereka akan berakhir karena campur tangan manusia, tetapi malapetaka mereka semakin dekat. Kita adalah penciptanya, dan jika kita mencoba, kita juga bisa menyelamatkan mereka – pilihan ada di tangan kita.

Mungkin itu adalah fokus dari video musik kecil ‘Dream’ yang dibuat oleh Zombie Studio untuk Wildlife Conservation Film Festival.

Film animasi itu menggugah emosi. Aktor-aktornya adalah binatang – tepatnya hewan langka. Seekor pelican coklat, paus biru, induk badak dengan anaknya, dan sepasang bayi hewan laut yang bermain-main.

Awalnya, mereka semua berada di lingkungan yang bersih di bumi yang alami, tidak ternoda dan indah. Mereka semua hidup dalam mimpi – keluarga badak berlari melewati hutan, pelikan menyentuh permukaan air dan hewan laut bergulung di es. Hidup itu indah dan mereka bermimpi dengan bebas.

Tiba-tiba, orang-orang yang menakutkan dengan mata bersinar menyeramkan muncul, membawa serta kutukan dan kehancuran.

Anjing laut melihatnya terlebih dahulu dan mereka takut pada sosok seperti setan ini. Tanpa ampun, mereka menembus es dan mendarat di ujung kutub.

Di hutan, mereka mengendarai jip mereka dan mengarahkan senjata mereka ke induk badak, dan menembakannya. Benar-benar menyedihkan ketika Anda melihat bagaimana manusia ini datang dan menghancurkan alam tanpa ampun.

Video animasi itu mungkin dapat membuat anda menitikan air mata, tetapi air mata tidak akan membantu. Kita harus lebih bertanggung jawab sebagai manusia. Kita perlu menemukan cara untuk hidup bersama dengan semua spesies secara harmonis.

Kita adalah ancaman bagi satwa liar dan planet ini, kita perlu mengubah peran kita dan menjadi penyelamat jika kita ingin mimpi mereka terus hidup.

Meskipun ini adalah video yang dibuat pada tahun 2016, namun tetap relevan bahkan sekarang karena banyak spesies terus punah di seluruh dunia.

Video yang kuat harus menjadi inspirasi bagi kita semua. Panggilan untuk perubahan. Pertanyaannya adalah: apakah kita bersedia membawa perubahan itu?

Disadur dari: Powerful animation of endangered animals reveals how humans treat theme

Tonton juga pembuatannya:

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending