PALU – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) salurkan bantuan dana sebesar Rp717 juta kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Dana itu diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak bencana di Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Direktur Lelang DJKN Lukman Efendi kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, di Kantor Gubernur Sulteng, Selasa, (15/01/2019) siang.

Dari dana tersebut, sebesar Rp100 juta akan dialokasikan sebagai sumbangan bantuan langsung. Kemudian sebesar Rp 317 juta untuk pembangunan jaringan air bersih di Kabupaten Sigi dan Rp300 juta diserahkan kepada Propinsi Sulawesi Tengah untuk bantuan di sektor pendidikan.

Direktur Lelang DJKN Lukman Efendi, mengatakan, dana Rp717 juta tersebut hasil dari lelang nasional secara daring yang dibuka oleh bagian Pelayanan Lelang Kementerian Keuangan.

Salah satu materi lelang yang terjual adalah tujuh lukisan karya anak-anak korban likuefaksi Petobo. Seluruh lukisan itu terjual sebesar Rp16 juta.

“Portal lelang itu memang dibuat untuk membantu masyarakat Pasigala yang terdampak bencana gempa, tsunami dan likuefaksi,” kata Lukman Efendi dihadapan gubernur.

Menurut Lukman saat ini masih ada lima lukisan yang belum terjual. Ia berjanji apabila lukisan tersebut laku, hasilnya akan kembali diserahkan warga terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

Gubernur Longki Djanggola, menyampaikan ucapan terimakasih. Bantuan tersebut adalah bentuk perhatian dan empati kepada masyarakat Sulteng yang tertimpa bencana 28 September lalu.

Ia mengatakan bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan dengan baik dan transparan. Pemprov akan memberikan laporan pemanfaatan bantuan tersebut kepada Kementerian Keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

“Bantuan yang telah diberikan ini akan kami serahkan kepada rekening yang ada di BPBD,” ucapnya.[]

Reporter: Sarifah Latowa
Foto: Biro Humas Pemprov Sulteng
Editor: Ika Ningtyas




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id