Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

Kejari kembali eksekusi terpidana korupsi, kini giliran oknum pejabat pemkab

Published

on

MINAHASA, ZONAUTARA.comSatu lagi terpidana korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan tahun 2012 dieksekusi oleh Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa.

Kali ini, oknum pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, tepatnya di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab), yakni lelaki JHT alias Jhon, yang dijeblos ke sel.

Eksekusi terhadap terpidana itu dilakukan setelah dirinya menanggapi panggilan pihak Kejari, Selasa (22/1/2019). Setelah melalui sejumlah proses, terpidana pun langsung dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Papakelan Tondano.

Kepala Kejari (Kajari) Minahasa Rakhmat Budiman, melalui Kasi Intelejen Noprianto Sihombing membenarkan hal tersebut.

“Satu terpidana lainnya sudah dieksekusi ke Lapas Tondano. Ini dilakukan berdasarkan putusan Kasasi Mahkamah Agung nomor 374 K/PID.SUS/2018.
Di mana dalam putusan tersebut Jhon dihukum empat tahun penjara dan Rp200 juta dengan susidier enam bulan penjara,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, terpidana pun wajib membayar uang pengganti sebesar Rp447.726.000 dengan pembayaran paling lambat 1 bulan.

Dia menjelaskan, eksekusi terpidana Jhon ini pun menyusul satu terpidana sebelumnya, yakni HDR alias Denny yang sudah dieksekusi.

Jaksa Penuntut Umum sekaligus Jaksa Eksekutor Parsaoran Simorangkir menegaskan, hal tersebut dilakukan berdasarkan asas keadilan di mata hukum.

Sehingga, lanjut dia, siapa saja yang melakukan pelanggaran hukum pasti akan merasakan nasib sama dengan keduanya.

Diketahui, kasus ini terjadi pada tahun 2017 lalu, saat terpidana Denni masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Minahasa. Sedangkan, Jhon menjabat sebagai Kepala salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Minahasa.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Cepat tanggap atasi aksi kriminalitas, Kapolres apresiasi URC Totosik

Published

on

Katim URC Totosik Bripka Yanny Watung saat menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comAksi cepat tanggap atasi kasus-kasus kriminalitas di Kota Tomohon terus diperlihatkan Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik.

Satu per satu kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Tomohon pun diatasi tim yang diketuai Bripka Yanny Watung ini.

Atas capaian tersebut, Kepala Polres (Kapolres) Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait pun memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan, yang diserahkan di halaman Polres Tomohon, Senin (20/5/2019).

“Terima kasih atas dedikasi, pengabdian menjaga kamtibmas, pengungkapan dan penangkapan di wilayah hukum Resor Tomohon, serta memberikan rasa aman dengan merespon cepat setiap laporan dari masyarakat,” ujar Sirait.

Atas penghargaan tersebut, URC Totosik tak lantas berbangga diri.

Ketua Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung pun berterima kasih kepada pimpinannya atas penghargaan tersebut.

Menurut Watung, penghargaan tersebut bakal membuat pihaknya lebih semangat dalam bertugas.

“Tentunya kami akan berusaha meningkatkan kinerja dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membawa nama harum Polri, khususnya Polres Tomohon,” ujar Polisi berprestasi ini.

Watung pun berterima kasih kepada warga di wilayah hukum Polres Tomohon yang terus mendukung URC Totosik dalam melaksanakan tugas.

“Penghargaan ini juga kami dapatkan atas bantuan dari masyarakat yang selalu memberikan informasi terhadap setiap kejadian yang terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, dalam menjalankan tugas yang tak kenal lelah tersebut, Watung dibantu oleh Brigpol William Batuitang, Brigpol Hendri Otay, Brigpol Maikel Mawara, Brigpol Halvey Londok, Brigpol Jim Tumurang, Briptu Billy Timuhari dan Bripda Billy Lolong.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending