VIDEO: Nelayan di Batuwingkung, olah ikan hiu di tepi pantai

Penulis: Ronny Adolof Buol

ZONAUTARA.com – Perairan Sulawesi Utara kaya akan potensi perikanan, terutama di wilayah Nusa Utara yang meliputi tiga kabupaten di bagian utara, yakni Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Talaud.

Potensi perikanan yang besar itu menjadi tantangan sendiri, sebabnya adalah perairan di bagian Nusa Utara rentan dengan praktik ilegal fishing. Sering ditemui, nelayan dari Filipina mengambil ikan di perairan ini.

Faktor kedekatan Nusa Utara yang berbatasan langsung dengan Filipina memudahkan penangkap ikan dari negara itu memasuki wilayah perairan Sulawesi Utara.

Nelayan-nelayan di Nusa Utara adalah nelayan yang ulung yang masih didominasi dengan alat tangkap ikan sederhana. Sebagaimana yang ditemui di pulau Batuwingkung di Sangihe.

ZONAUTARA.com

Nelayan di pulau ini bisa menempuh rute laut bermil-mil selama berhari-hari, bahkan hingga ke perairan Gorontalo dan Maluku. Umumnya nelayan di pulau ini mengejar ikan hiu sebagai tangkapan utamanya.

Mereka dengan hanya menggunakan perahu cadik dan mesin sederhana mengarungi lautan untuk menangkap hiu. Acapkali perjalanan itu hanya dilakoni sendiri.

Dan saat pulang, mereka membawa hiu berukuran besar yang nyaris menyamai ukuran perahu mereka.

Hiu hasil tangkapan diolah di tepi pantai begitu saja. Siripnya diambil untuk dijual ke penadah. Sementara dagingnya kadangkala dikonsumsi, tetapi lebih banyak dibuang.

Selain di Sangihe, perburuan hiu juga bisa dijumpai di Talaud dan Sitaro serta di wilayah pesisir Minahasa Utara. Penadah membeli sirip hiu dari nelayan dengan harga bervariasi mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com