bar-merah

Tangkoko menyambut perayaan 100 tahun

zonautara.com
Tarsius sp. difoto di Tangkoko. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

MANADO, ZONAUTARA.com – Kawasan Tangkoko kini bersiap menyambut perayaan 100 tahun ditetapkannya wilayah itu sebagai kawasan konservasi.

Tanggal itu akan jatuh pada 21 Februari 2019 nanti. Rentang waktu itu dihitung sejak keluarnya surat Gubenur Jenderal Hindia Belanda pada 21 Februari 1919 (GB 21/2/1919 stbl 90) yang menetapkan Natuurmonument Goenoeng Tangkoko Batoeangoes sebagai hutan lindung.

Pemerintah Kota Bitung sebagai pemilik area administrasi pemerintahan Tangkoko akan menggelar berbagai acara dalam rangka 100 Tahun Tangkoko. Puncaknya adalah peresmian monumen Alfred Russel Wallace.

Wallace, naturalis berkebangasaan Inggris mengunjungi Tangkoko pada 1861. Di sana Wallace mengumpulkan spesimen babirusa dan maleo yang kala itu mudah dijumpai.

Wallace dinggap sebagai sosok inspitaor dalam gerakan pemuliaan lingkungan di kawasan Tangkoko yang sudah beberapa kali mengalami perubahan status.

Pada tahun 1978, Pemerintah Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian No 700/Kpts/Um/11/78 memperluas wilayah Tangkoko dengan ditetapkannya Cagar alam Duasudara (4.299 hektare).

Pada 24 Desember 1981, Kementerian Pertanian merubah status Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus seluas 1.250 hektare menjadi Taman Wisata Alam Batuputih (615 ha) dan Taman Wisata Alam Batuangus (635 ha).

Seiring perkembangannya, cagar alam Gunung Tangkoko-Batuangus mengalami perubahan lagi berdasarkan SK Menteri Kehutanan RI No SK/1826/Menhut-VIII/KUH/2014 tentang penetapan kawasan hutan pada kelompok hutan Dua Sudara.

Kawasan ini terdiri dari Cagar Alam Dua Sudara (7.247,46 Ha), TWA Batuputih (649 ha) dan TWA Batuangus (648,57 ha).

Terlepas dari berbagai perubahan tersebut, dunia tetap mengenal Tangkoko sebagai laboratorium hidup dengan keragaman ekologi yang memesona. Sejak kedatangan Wallace ke lokasi ini, sejak itu pula para ilmuwan dari berbagai penjuru dunia tak henti mendatangi Tangkoko hingga sekarang.

Pemerintah Kota Bitung bersama para pelestari Tangkoko ingin merayakan perjalanan panjang selama 100 tahun kawasan ini. Berbagai kegiatan pun akan dikemas dengan puncak acara pada 20 dan 21 Februari nanti.

Beberapa acara yang akan digelar diantaranya workshop yang melibatkan masyarakat dan komunitas setempat, talkshow, pameran dan konser musik alam.

Kegiatan pameran akan melibatkan 24 komunitas lingkungan dan pariwisata yang bersama-sama akan melandasi pengembangan kampung wisata Batuputih sebagai kampung wisata berbasis konservasi.

Musisi Nugie dan Tanita bersama The Early Bird, Lamp of Bottle, Jarank Pulang dan 4play akan menyajikan konser alam yang mengajak seluruh pengunjung menghargai dan merawat alam melalui alunan musik.

“Kota Bitung merasa bangga karena sejak kunjungan Wallace hingga hari ini, Batuputih mampu menarik para ilmuwan dan pelajar dari seluruh belahan dunia untuk mempelajari keunikan dan kekayaan serta keanekaragaman hayati Sulawesi Utara di Tangkoko,” kata Walikota Bitung Max Lomban beberapa waktu lalu.

Max Lomban menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan keteladanan para pendahulu dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, namun juga turut mendorong percepatan pembangunan pariwisata di kawasan Batuputih.

Akan diluncurkan pula paket wisata “Jelajah Tangkoko” sebagai paket unggulan bagi para wisatawan untuk dapat menjelajahi keunikan alam dan budaya di kawasan Tangkoko.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com