bar-merah

Akuntabilitas Kinerja baik, Tomohon raih SAKIP Award

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Akuntabilitas Kinerja tahun 2018 Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon meraih nilai B. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pun memberikan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award kepada Pemkot Tomohon atas perolehan nilai yang dikategorikan baik tersebut.

Diketahui, penerapan SAKIP tersebut bertujuan untuk mengubah paradigma kinerja pemerintah, bukan lagi hanya melakukan program yang dianggarkan, tetapi cara paling efektif dan efisien mencapai sasaran.

Penghargaan yang diserahkan langsung Menteri PANRB Syafruddin itu pun diterima oleh Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman yang diwakili Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon Max M. Mentu, dalam acara penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan SAKIP Award bagi Pemerintah da Wilayah III, di Makassar, Selasa (19/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut Menteri Syafruddin mengatakan, penerapan SAKIP di 186 Pemerintah Daerah Wilayah III berhasil menghemat anggaran hingga Rp 6,9 Triliun dalam tahun 2018. Penghematan ini, kata dia, diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai, untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tepat sasaran.

Menurut dia, penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan.

“Penghematan anggaran terjadi dengan dihapusnya sejumlah kegiatan yang tidak penting dan yang tidak mendukung kinerja instansi,” ungkapnya.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh menjelaskan, hasil evaluasi yang disampaikan kepada Pemerintah Daerah bertujuan untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP, serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan.                                

“Kementerian PANRB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, menyambut gembira dan mengapresiasi kinerja perangkat daerah di bawah pimpinannya bersama Wakil Wali Kota Tomohon Syerly A. Sompotan, yang telah berhasil melaksanakan program dengan baik, efektif, efisien terencana dan terukur.

Menurut dia, penghargaan SAKIP dengan Predikat B ini, merupakan hasil kerja sama dan kerja keras bersama.

“Saya mengucapkan terima kasih, semoga penghargaan ini memotivasi kita semua untuk meningkatkan kinerja dan gairah kita dalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan publik,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com