Gedung Olahraga Babe Palar diresmikan

TOMOHON, ZONAUTARA.comSatu lagi fasilitas publik hadir di Kota Tomohon. Setelah Menara Alfa Omega, serta Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran dan Taman Kabasaran, kini Gedung Olahraga (GOR) juga dimiliki oleh Kota Tomohon.

Fasilitas penunjang olahraga yang dinamakan Gedung Olahraga Babe Palar dan terletak di wilayah Stadion Parasamya, Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan tersebut diresmikan, Rabu (20/2/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan meresmikan langsung bangunan yang dibangun sejak tahun 2018 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tersebut.

Sebelum diresmikan dan dilakukan pengguntingan pita, Gedung Olahraga Babe Palar tersebut ditahbiskan oleh Pendeta Roy Tamaweol MTh.

Kepala Dinas PUPR Joice CL Taroreh dalam laporannya mengatakan, dibangunnya Gedung Olahraga Babe Palar ini sebagai salah satu perwujudan misi pembangunan di Kota Tomohon, yakni untuk membangun manusia yang sehat.

Menurut dia, Pemkot Tomohon terus berupaya untuk membangun fasilitas olahraga dan lokasi pelaksanaan lomba olahraga, serta menata fasilitas olahraga di lokasi-lokasi strategis di Kota Tomohon.

“Pembangunan gedung olahraga ini dimaksud untuk membangun dan meningkatkan kuantitas sarana dan prasarana olahraga, serta menyediakan fasilitas publik yang mendukung masyarakat untuk berolahraga,” ujar Taroreh.

Selain itu, kata dia, kehadiran Gedung Olahraga Babe Palar juga bertujuan untuk mendorong minat masyarakat agar berolahraga, serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Dia menjelaskan, bangunan gedung olahraga tersebut berukuran 48×30 meter dan tinggi 9 meter dan dibangun dengan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon tahun 2019 sebesar Rp14,9 miliar.

“Gedung olahraga indoor ini bisa digunakan oleh berbagai cabang olahraga (cabor) yang dapat dipakai bersamaan atau bergantian dengan berbagai fasilitas penunjang,” jelasnya.

Pihaknya pun berterima kasih kepada Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon yang sudah mendampinginya dan mendukung seluruh proses pelaksanaan pembangunan GOR.

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.