Connect with us

ZONA DAERAH

Tomohon targetkan raih Adipura 2019

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Penilaian Adipura 2019 dalam waktu dekat akan segera dilakukan oleh instansi terkait. Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon pun mulai berbernah agar bisa kembali meraih penghargaan di bidang lingkungan tersebut.

Dalam rangka memersiapkan penilaian Adipura 2019 Pemkota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Adipura , yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (19/2/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Royke Roeroe, dalam sambutannya mengatakan, persoalan-persoalan lingkungan bukan hanya berkaitan dengan sumber daya alam yang diekstraksi atau terpolusi. Tetapi juga, kata dia dengan hal yang sangat sederhana, yaitu pencemaran lingkungan di kawasan perkotaan seluruh Indonesia, termasuk di Kota Tomohon yang merupakan salah satu lingkungan yang menonjol.

“Untuk itu, dalam pelaksanaan program Adipura tahun 2019 kita akan mempersiapkan kembali, menata lingkungan yang ada di sekitar kita, agar dapat merubah wajah Kota Tomohon. Ini penting untuk menjadi komitmen kita bersama, agar meraih kembali penghargaan Adipura di Kota Tomohon yang kita cintai, yang kita tahu bersama membutuhkan kerjasama kita semua,” ungkapnya.

Dia pun berharap adanya keterlibatan seluruh komponen masyarakat maupun pemerintah yang menjadi ujung tombak keberhasilan kegiatan ini.

Di mana, lanjut dia, penanganan sampah mulai dari hulu ke hilir atau mulai dari rumah tangga hingga ke tempat pembuangan akhir perlu diperhatikan.

“Begitu juga dengan kebersihan di seluruh wilayah kota baik jalan, pasar, terminal, sekolah, puskesmas, sungai, tempat-tempat ibadah, hutan kota, taman kota, perkantoran, pertokoan, permukiman, bank sampah, dan TPA harus dijaga dengan baik,” imbaunya.

Dia menegaskan, hal tersebut bukan semata-mata untuk mengejar penghargaan Adipura, tetapi menjadi sebuah kebutuhan.

“Demi mewujudkan masyarakat Kota Tomohon yang religius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berbudaya dan berwawasan lingkungan menuju kota wisata dunia, sesuai visi Kota Tomohon,” pungkasnya.

Dia menambahkan,

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi A.H Politon, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk membangun perilaku masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya secara partisipatif dalam pengelolaan lingkungan hidup.

“Dan juga tercapainya fisik Kota Tomohon yang bersih, hijau dan asri yang dibuktikan dengan perolehan penghargaan Adipura,” tukasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zona Tomohon

Anggota DPRD Tomohon periode 2019-2024 resmi dilantik

11 wajah baru, 9 wajah lama.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik, Senin (16/9).

Pelantikan 20 legislator baru ini dilaksanakan dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon periode 2014-2019 Miky JL Wenur, didampingi Wakil Ketua Carol JA Senduk dan Youddy Moningka.

Pelantikan para Anggota DPRD ini pun ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tondano Iko Sujatmiko.

Usai memimpin pengucapan sumpah dan janji, Ketua PN Tondano memasang pin kepada 20 Anggota DPRD yang baru.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Miky Wenur mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada para Anggota DPRD periode 2014-2019, karena di tengah perbedaan yang ada, boleh terbangun kekompakan yang sungguh luar biasa.

Wenur pun turut menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, jika terdapat kelalaian selama dirinya bersama para Anggota DPRD periode 2014-2109 menjabat.

“Tidak ada gading yang tak retak. Sebagai manusia biasa pasti ada kelemahan. Oleh karena itu, kami menyampaikan segala permohonan maaf atas kelalaian, kekhilafan kepada semua masyarakat, Pemkot Tomohon dan seluruh stakeholder. Semoga Tuhan memampukan dan memberkati kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat membacakan sambutan Gubernur Sulut menyampaikan selamat kepada para Anggota DPRD Tomohon periode 2019-2014 yang baru dilantik.

“Semoga momentum ini akan memacu dan memotivasi untuk melakukan tugas dan tanggung menjawab amanah masyarakat,” tuturnya.

Diketahui, dari 20 Anggota DPRD Kota Tomohon, terdapat 11 orang ‘pendatang baru’. Tiga diantaranya merupakan wajah lama yang sempat melepas jabatannya karena terkena Pergantian Antar Waktu (PAW).

Sementara, 9 Anggota DPRD lainnya merupakan petahana.

DPRD Tomohon pun kini dikuasai oleh Partai Golkar dengan total kursi sebanyak 10 kursi. Disusul Partai PDIP dengan 4 kursi, kemudian Partai Gerindra dan Partai Nasdem yang masing-masing 2 kursi, serta Partai Demokrat dan Partai Hanura, masing-masing 1 kursi.

Berikut nama-nama Anggota DPRD Kota Tomohon periode 2019-2024 :

1. Miky JL Wenur (2735 suara)
2. Djemmy J Sundah (2257 suara)
3. James JE Kojongian (1682 suara)
4. Ladys F Turang (1788 suara)
5. Toar M Polakitan (1644 suara)
6. Donald Pondaag (1624 suara)
7. Christo B Eman (5542 suara)
8. Jenny Sompotan (1588 suara)
9. Priscila GM Tumurang (2364 suara)
10. Jimmy Wewengkang (1357 suara)
11. Carol JA Senduk (1835 suara)
12. Hudson Bogia (1266 suara)
13. Noldy Lengkong (1134 suara)
14. Johny Runtuwene (3045 suara)
15. Stanley Wuwung (1370 suara)
16. Siane J Samatara (804 suara)
17. Santi M Runtu (1582 suara)
18. Ferdinand Mono Turang (1004 suara)
19. Erens D Kereh (838 suara)
20. Cherly Mantiri (1643 suara)

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com