bar-merah

Tomohon targetkan raih Adipura 2019

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Penilaian Adipura 2019 dalam waktu dekat akan segera dilakukan oleh instansi terkait. Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon pun mulai berbernah agar bisa kembali meraih penghargaan di bidang lingkungan tersebut.

Dalam rangka memersiapkan penilaian Adipura 2019 Pemkota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Adipura , yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (19/2/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Royke Roeroe, dalam sambutannya mengatakan, persoalan-persoalan lingkungan bukan hanya berkaitan dengan sumber daya alam yang diekstraksi atau terpolusi. Tetapi juga, kata dia dengan hal yang sangat sederhana, yaitu pencemaran lingkungan di kawasan perkotaan seluruh Indonesia, termasuk di Kota Tomohon yang merupakan salah satu lingkungan yang menonjol.

“Untuk itu, dalam pelaksanaan program Adipura tahun 2019 kita akan mempersiapkan kembali, menata lingkungan yang ada di sekitar kita, agar dapat merubah wajah Kota Tomohon. Ini penting untuk menjadi komitmen kita bersama, agar meraih kembali penghargaan Adipura di Kota Tomohon yang kita cintai, yang kita tahu bersama membutuhkan kerjasama kita semua,” ungkapnya.

Dia pun berharap adanya keterlibatan seluruh komponen masyarakat maupun pemerintah yang menjadi ujung tombak keberhasilan kegiatan ini.

Di mana, lanjut dia, penanganan sampah mulai dari hulu ke hilir atau mulai dari rumah tangga hingga ke tempat pembuangan akhir perlu diperhatikan.

“Begitu juga dengan kebersihan di seluruh wilayah kota baik jalan, pasar, terminal, sekolah, puskesmas, sungai, tempat-tempat ibadah, hutan kota, taman kota, perkantoran, pertokoan, permukiman, bank sampah, dan TPA harus dijaga dengan baik,” imbaunya.

Dia menegaskan, hal tersebut bukan semata-mata untuk mengejar penghargaan Adipura, tetapi menjadi sebuah kebutuhan.

“Demi mewujudkan masyarakat Kota Tomohon yang religius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berbudaya dan berwawasan lingkungan menuju kota wisata dunia, sesuai visi Kota Tomohon,” pungkasnya.

Dia menambahkan,

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi A.H Politon, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk membangun perilaku masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya secara partisipatif dalam pengelolaan lingkungan hidup.

“Dan juga tercapainya fisik Kota Tomohon yang bersih, hijau dan asri yang dibuktikan dengan perolehan penghargaan Adipura,” tukasnya.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com