Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

OPINI

Pendidikan: Investasi Masa Depan

Published

on

Oleh : Veronika Vincencia De’Paula Mandey

(Mahasiswi Sekolah Tinggi Filsafat-Seminari Pineleng)

Pendidikan adalah suatu hal yang esensial dan penting bagi setiap orang. Menjadi sangat penting karena sangat menentukan hidup dari setiap orang. Dalam UUD 1945 dikatakan, bahwa pendidikan bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dari situlah dapat dilihat dan diukur harkat dan martabat negara Indonesia. Dan yang terpenting adalah pendidikan menjadi penentu apakah masa depan setiap orang itu baik atau tidak.

Bicara soal pendidikan tidak akan pernah habis ceritanya, karena pendidikan menjadi hal yang vital dalam kehidupan setiap orang. Jadi, dengan kata lain, pendidikan menjadi kebutuhanbagi setiap orang. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah tentang kualitas pendidikan sekarang di Indonesia.

Kualitas pendidikan di Indonesia menjadi perhatian di dunia pendidikan saat ini. Kualitas pendidikan sangat memprihatinkan. Hal yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan adalah efektivitas, efisiensi dan standarisasi pendidikan yang masih kurang dioptimalkan.

Pendidikan yang efektif adalah pendidikan yang memungkinkan para peserta didik dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan tercapai tujuan yang diharapkan.

Banyak ahli pendidikan dan juga semua orang pemerhati pendidikan tergerak untuk suatu perubahan untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. Dengan melihat keadaan mutu pendidikan yang rendah perlu diusahakan pembenahan.

Sasaran sentral dari mutu pendidikan adalah mutu guru dan mutu pendidikan guru, karena guru yang akan memberikan pengetahuan kepada peserta didik nantinya.

Pendidikan merupakan investasi masa depan. Mempelajari banyak hal akan membuat peserta didik semakin matang dalam banyak hal. Dan itu sangat berguna untuk hidup yang akan datang.

Masa depan pasti akan menunggu di depan kalau pendidikan benar-benar menjadi bagian dalam hidup. Pendidikan adalah suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar. Pendidikan menjadi tuntutan zaman dan mau tidak mau harus dipelajari.

Memasuki abad ke-21 gelombang globalisasi sangat terasa dalam banyak bidang. Dunia dewasa ini berada di era globalisasi yang membuat pendidikan semakin mendesak untuk diketahui. Hal itu sangat penting untuk menghadapi dunia yang semakin berkembang dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemajuan dengan perubahan tersebut memberikan kesadaran, bahwa Indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia yang baru, sehingga dengan bebas dan terbuka, orang bisa membandingkan kehidupan dengan negara-negara yang lain. Setiap orang maju atau tidak ditentukan oleh sejauh mana sudah mempelajari banyak hal dalam dunia pendidikan.

Perubahan dalam dunia pendidikan di Indonesia akan bias membuat persaingan secara sehat dalam banyak bidang, baik regional maupun internasional.

Menghadapi situasi dan kenyataan yang terjadi saat ini, dan sekaligus sebagai respon atas dinamika pendidikan di Indonesia yang naik turun, maka perlu diusahakan peningkatan kualitas pendidikan. Mengapa? Karena yang dirasakan sekarang adalah kualitas mutu pendidikan Indonesia tertinggal dari negara-negara yang lain. Pendidikan harus menjadi agenda utama kalau memang mau maju dan berkembang. Dengan demikian, pendidikan akan menjadi lebih bernilai. Pendidikan yang baik harus dimulai dan didasari dari pola pikir. Pola pikir akan menentukan kecakapan hidup. Itulah pendidikan yang bernilai.

Pendidikan menjadi sektor yang sangat penting yang mendasari semua aspek kehidupan. Pendidikan akan menentukan kualitas hidup. Dengan kata lain, pendidikan yang baik akan membuat kualitas hidup menjadi baik dan berkembang, terutama dalam bidang kesejahteraan hidup setiap orang.

Perubahan dalam hidup sangat ditentukan oleh pendidikan. Itu berarti, bahwa pendidikan sangat merubah hidup setiap orang. Dengan demikian menjadi jelas, bahwa pendidikan sangat bermanfaat bagi setiap orang dan menjadi bekal di kemudian hari untuk meraih cita-cita dan masa depan yang lebih baik.

“NON SCHOLAE SED VITAE DISCIMUS” (KITA BELAJAR BUKAN UNTUK NILAI, TETAPI UNTUK KEHIDUPAN).(*)

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

OPINI

Sujud Syukur Prabowo part 2 berbuah perpecahan?

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah usai. Klaim-mengklaim kemenangan berdasarkan hasil quick qount berbagai lembaga menjadi tontonan yang menegangkan sekaligus mengasyikkan bagi masyarakat.

Akibat klaim-mengklaim itu Prabowo Subianto, Calon Presiden nomor urut 02, mengekspresikan rasa kemenangannya dengan sujud syukur usai konferensi pers di kediamannya yang berlokasi di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta Selatan, Rabu (17/04/2019) malam. Ekspresi kemenangan ini dinilai belum waktunya karena dicemaskan akan bernasib sama dengan sujud yang dilakukan Prabowo pada 2014 silam, yang kala itu menderita kekalahan.

Perihal sujud syukur Prabowo part 2 ini sempat juga tersiar kabar tak sedap mengenai respons Sandiaga Uno, Calon Presiden nomor urut 02, yang tak setuju klaim kemenangan Prabowo yang dinilainya terlalu dini tersebut. Meski kabar ini akhirnya dibantah Fadly Zon, namun perpecahan di antara Prabowo dengan Sandiaga Uno cepat tersiar.

Soal siapakah yang berhak mengklaim kemenangan dalam Pemilu 2019, sebaiknya kita menunggu pengumuman resmi dari pihak KPU. Namun soal perpecahan di kubu 02 tentu perlu klarifikasi yang lebih lanjut.

Satu hal yang perlu diingatkan dari balik kesibukan news room Zona Utara, yaitu siapapun yang kelak menjadi presiden, dialah presiden kita bersama. Presiden Republik Indonesia.

Editor: Rahadih Gedoan

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending