KRI Fatahilah 361 kunjungi POSAL Miangas

MIANGAS, ZONAUTARA.comMiangas merupakan salah satu pulau yang merupakan bagian dari beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Status pulau terdepan, membuat Miangas menjadi salah satu pulau yang beresiko tinggi, baik dari segi keamanan dan ketertiban masyarakat, serta dari segi kedaulatan perairan.

Oleh karena itu, tak heran jika pemerintah melalui TNI dan Polri, mendirikan Pos Angkatan Laut (POSAL), Pos Angkatan Darat (POSAD), Komando Rayon Militer (Koramil) dan Polisi Sektor (Polsek).

Bahkan secara rutin, melalui KRI yang selalu menjaga perairan laut sulawesi, Miangas menjadi salah satu pulau yang rutin diawasi.

Salah satu KRI yang mengunjungi Miangas adalah KRI Fatahilah 361, yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Sandy Kurniawan, Rabu (10/9/2019).

“Kedatangan KRI Fatahilah 361 merupakan bagian dari Operasi Kawanua Sakti 19, yang dilakukan di perairan perbatasan antara Indonesia dan Filipina,” ujar Komandan POSAL (DANPOSAL) Lettu Laut (T)M Surya Kusumah.

Dalam kesempatan itu, Letkol Laut Sandy menyempatkan diri untuk singgah di POSAL Miangas menggunakan Sea Rider KRI, karena KRI Fatahilah tidak bisa sandar di dermaga Miangas.

Dalam kunjungannya, Letkol Laut Sandy secara langsung mengecek kondisi kesiapan personel, kondisi mess dan aset yang dimiliki POSAL Miangas.

KRI Fatahilah 361 sendiri merupakan Kapal Perang dengan cakupan wilayah patroli di perbatasan perairan Sulawesi Utara.

Editor : Christo Senduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.